Bus Wonderful Indonesia Kembali Melintasi Jalan-jalan Protokol Paris

(Berita Daerah – Jakarta) Setelah sukses menyebarkan branding Wonderful Indonesia di 20 bus city tour pada Piala Eropa (EURO) 2016, Kembali promosi  Wonderful Indonesia di Kota Paris, Perancis, terus laju kencang, dimana pada country branding pariwisata Indonesia itu kembali ditampilkan di 8 bus open tour di Paris. Promosinya digelar mulai tanggal 11 April sampai 9 Mei 2017.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan bahwa kegiatan branding yang dilakukan di bus di Paris, merupakan lokasi yang strategis, yakni dengan jumlah wisatawan terbesar. Apalagi memasuki bulan April 2017 yakni memasuki masa liburan pertengahan tahun, dan  meremind branding Wonderful Indonesia di Eropa, demikian disampaikan kepada Beritadaerah.co.id, Selasa (12/4).

Meskipun Menpar Arief menyadari, biaya promosi Wonderful Indonesia sangat terbatas. Karena itu harus menggunakan banyak cara agar branding yang sudah berada di posisi 47 dunia itu tidak melorot.

Mensiasati budget, Menpar Arief melakukan co branding, mencari momentum dan memilih media promosi yang pas. bus, trem, kereta, taxi, transportasi publik yang bergerak itu, ternyata lebih efektif, lebih viral, dan mewarnai media sosial.

Baginya, promosi tidak boleh berhenti meski jumlah wisatawan asing ke Indonesia terus meningkat. Alhasil, Perancis pun dilirik. Bus yang dibungkus branding “Wonderful Indonesia” kembali mondar-mandir di Perancis. Nuansanya mirip saat sepak bola Piala Dunia 2016 lalu.

Dengan desain bertema selancar, Danau Toba dengan rumah tradisional Batak, anak-anak Indonesia dengan pakaian tradisional dari berbagai daerah, diving kelas dunia, Pulau Komodo, gadis Bali dan Candi Borobudur, bus-bus itu menjadi pemandangan unik di tengah kepadatan di Negeri Menara Eiffel itu.

Mengapa di Perancis ? karena Wonderful Indonesia sedang nge-hits. Lagi banyak dibicarakan publik dengan berbagai trik marketing. Lagi jadi perhatian di acara TV di sana. Lagi naik peringkat, mengalahkan Thailand dalam persentase jumlah outbound Perancis ke Indonesia.

“Dengan promosi gencar seperti ini, saya yakin di 2017 Indonesia bisa meningkatkan angka kunjungan wisman Perancis menjadi 330.000 orang. Sekarang orang Perancis sudah makin mengenal Indonesia,” timpal Eka Moncarre, Visit Indonesia Tourism Officer (VITO) Kemenpar di Paris, Perancis.

Dan kebanyakan masyarakat Paris, selain sedang nge-hits Wonderful Indonesia, tetapi rata-rata technology minded. Hobinya tak jauh dari narsis. Mayoritas sudah digital lifestyle. Jadi Yang hobi narsis, malah bisa dijadikan ‘senjata’ untuk posting dan menjadi viral di digital.

Lea/Journalist/BD
Editor : Lenny Ambarita
Image : Kemenpar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*