Kaltim Perlu Dukungan Infrastruktur, Guna Tingkatkan Kunjungan Wisatawan

(Berita Daerah – Kalimantan Timur) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) memiliki daya tarik wisata seperti keanekaragaman seni dan budaya serta alam yang sangat indah, yang menjadikan provinsi tersebut sebagai salah satu destinasi wisata turis lokal maupun mancanegara.

Mengutip laman kaltimprov, Minggu (16/4), Kepala Dinas Pariwisata Kaltim H Syafruddin Pernyata mengatakan bahwa salah satu upaya dalam peningkatan jumlah pengunjung wisatawan di Kaltim adalah melalui pengembangan objek-objek wisata termasuk pembangunan infrastruktur jalan akses menuju obyek wisata.

Tidak dipungkiri, kata Syafruddin Kaltim banyak memiliki obyek wisata alam yang tersebar di beberapa daerah, namun demikian akses ke obyek wisata tersebut infrastrukturnya masih kurang bahkan belum ada, sehingga para pengunjung tidak tertarik mengunjungi obyek wisata tersebut.

“Oleh karena itu, kedepan Pemprov Kaltim harus mampu melakukan sinergitas dengan dinas pariwisata di daerah termasuk instansi maupun lembaga terkait baik di tingkat provinsi maupun kabupaten dan kota dalam pengembangan sektor pariwisata,” kata Syafruddin Pernyata.

Dikatakan juga, Provinsi Kaltim harus fokus untuk pembangunan infrastruktur jalan, bandara dan pelabuhan yang menjadi kebutuhan primer, demi meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan mengatasi ketimpangan wilayah terutama di daerah-daerah yang masih belum mendapatkan perhatian.

Pengembangan pariwisata, lanjut Syafrudin menjadi salah satu kekayaan yang harus menjadi perhatian pemerintah, meskipun  Kaltim adalah provinsi yang kaya dengan sumber daya alam berlimpah. Kaltim tidak akan bisa terus menerus bertahan dengan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui tersebut. Sektor pariwisata akan menjadi sektor yang menjanjikan untuk percepatan pembangunan suatu daerah.

Panda/Journalist/BD
Editor : Agustinus Purba
Image  : Kaltimprov

One comment

  1. You should take part in a contest for one of the best blogs on the web. I will recommend this site!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*