jalan tol tanjung priok

Presiden Jokowi Resmikan Jalan Tol Akses Tanjung Priok

(Berita Daerah – Jakarta) Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan Jalan Tol Akses Tanjung Priok di Jakarta Utara, Sabtu (15/4) siang. Jalan tol sepanjang 11,4 kilometer sempat mengalami penundaan beberapa tahun, dan dengan selesainya jalan tol diharapkan akan memberikan daya saing yang sangat baik pada kecepatan pelayanan barang-barang dari dan ke Pelabuhan Tanjung Priok.

Dalam peresmian jalan tol akses ini dihadiri juga oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki, Duta Besar Jepang Ishii Masafumi, Plt Gubernur DKI Jakarta Sumarsono, Komisaris dan Direksi Pelindo II, PT JICT, dan PT Pertamina.

Presiden Jokowi dalam sambutannya mengatakan, Pelabuhan Tanjung Priok merupakan pelabuhan utama, dimana sebelum disebarkan ke pelabuhan-pelabuhan lain di seluruh Indonesia, semua barang kumpul di pelabuhan ini. Maka, begitu di pelabuhan ini tidak lancar dan tidak cepat semuanya juga akan menjadi lambat.

“Oleh sebab itu sekali lagi, alhamdulillah pada siang hari ini segera nanti bisa dioperasikan Jalan Tol Akses ke Tanjung Priok ini. Sehingga kecepatan kontainer untuk masuk ke kapal, kecepatan kontainer untuk keluar dari Tanjung Priok ini betul-betul bisa dilayani dengan baik,” terang Presiden yang dikutip laman setkab.go.id, Sabtu (15/4).

Menurut Presiden, seminggu lagi juga akan datang kapal besar 10.000 TEUs yang akan mulai merapat ke Tanjung Priok. Ia menyebutkan, ini kapal besar pertama yang datang di Tanjung Priok, dan pemerintah akan menggunakan ini untuk, pertama menurunkan biaya-biaya logistik dan yang kedua mempercepat proses pengiriman barang atau kedatangan barang dari dan ke Indonesia.

Dengan kedatangan kapal itu nantinya, lanjut Presiden, barang dari sini cepat masuk ke kapal dan barang dari kapal cepat keluar dari Tanjung Priok. Yang diharapkan semua kontainer nanti tidak usah transhipment di Singapura, semuanya bisa langsung ke pelabuhan-pelabuhan yang dituju karena memang di pelabuhan ini sudah bisa merapat kapal besar.

“Saya kira ini sudah berpuluh-puluh tahun begitu saya tahu itu di kita cita-citakan. Dan insya Allah nanti hari Minggu ya, hari Minggu depan itu akan ada sebuah kapal besar 10.000 TEUs yang akan merapat ke Tanjung Priok,” papar Presiden Jokowi.

Itulah, sebut Presiden, awal dari daya saing produk-produk Indonesia karena tentu saja biaya untuk shipcost akan jauh dan jatuh lebih murah. Karena pelayanan yang lebih baik dari kapal-kapal yang hadir di Pelabuhan Tanjung Priok.

Presiden Jokowi mengungkapkan setelah turun ke lapangan beberapa kali, masalah pembebasan lahan bisa diatasi. Kemudian masalah perbaikan struktur dimana sebelumnya ada 69 tiang yang harus diganti yang lebih sesuai spesifikasinya. Nantinya jalan tol ini akan dilewati kurang lebih 3.600 truk kontainer setiap hari. Sebuah lalu lalang yang menurutnya sangat besar sekali.

Yohan/Journalist/BD
Editor : Lenny Ambarita
Image : BD

2 comments

  1. Can I just say what a relief to find a person who actually knows what theyre talking about on the internet. You undoubtedly know how to bring an problem to light and make it vital. Far more persons need to read this and fully grasp this side of the story. I cant believe youre not a lot more preferred because you surely have the gift.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*