Tb Silalahi 1

Jelajah Museum TB Silalahi Center di Balige, Toba Samosir

Suku Batak di Sumatera Utara memiliki kekayaan kebudayaan yang masih terus dipelihara hingga saat ini, hal ini  dapat ditelusuri jejaknya di Museum T.B. Silalahi Center, Kota Balige, Kabupaten Toba Samosir.

tb center

Museum tersebut adalah museum pribadi yang diprakarsai oleh Letjen TNI (Purn).Dr. (HC) Tiopan Bernhard Silalahi –  mantan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara pada Kabinet Pembangunan VI dan mantan Ketua Dewan Pertimbangan Presiden Republik Indonesia ke-6.

Tb Silalahi 2

Museum ini memang inisiasi pribadi yang tentunya akan memperkenalkan sosok seorang putra daerah Batak – TB. Silalahi. Akan tetapi, museum bermanfaat sebagai untuk mengenal budaya masyarakat suku Batak dengan lebih mendalam. Apalagi lokasi museum yang bisa dikatakan masih berada disekitar danau Toba, sehingga berpotensi menjadi rangkaian obyek wisata danau Toba.

Tb Silalahi61

Museum TB. Silalahi Center didirikan pada tanggal 7 Agustus 2006, dan kemudian diresmikan hampir dua tahun setelahnya, tepatnya pada tanggal 17 April 2008.

Tb Silalahi 9

Tujuan museum ini dibangun yaitu untuk memelihara, mengembangkan dan meneliti kebudayaan suku Batak. Ditambah dengan menampilkan sejarah perjalanan inisiator salah satu tokoh suku Batak yang juga inisiator museum ini, yakni TB. Silalahi.

Tb Silalahi 4

Bangunan Museum Batak ini merupakan salah satu bangunan utama dari TB. Silalahi Center. Pada saat anda memasuki kawasan tersebut, maka anda akan disambut oleh Gapura dengan hiasan berupa artefak kuno khas suku Batak.

museum

Bagi Anda yang sedang berwisata menikmati keindahan danau Toba dari Balige, jangan lewatkan kesempatan untuk berwisata sejarah ke museum TB. Silalahi Center yang beralamat di Jalan Pagar Batu no. 88, Desa Silalahi, Kota Balige, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara.

Yohan/Journalist/BD
Editor : Lenny Ambarita
Image  : Yudhi S/BD

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*