Riau Go IT : Pertumbuhan Ekonomi Perlu Dukungan Informasi dan Teknologi

(Berita Daerah – Sumatera) Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman pada acara Forum Group Discussion (FGD) di Balai Pauh Janggi, Gedung Daerah Pekanbaru, Riau, Kamis (20/4), menyampaikan harapannya agar ke depan Provinsi Riau bisa menyumbang pertumbuhan ekonomi nasional dari berbagai sektor seperti pariwisata, kesehatan dan pendidikan yang semuanya sangat memerlukan peran Informasi dan Teknologi (IT). Ini sangat penting dalam mendukung Visi Riau 2020.

Forum Group Discussion ini mengangkat tema “Akankah Riau Go IT Sampai di Kawasan Pedesaan.” Forum ini digelar dalam rangka HUT Perum LKBN Antara yang ke-80 tahun.

“Pemprov Riau sudah memulai Riau Go IT dengan E-Government yang terintegrasi ke setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Provinsi Riau dan dengan IT juga berperan membangun komunikasi dengan masyarakat dan sesama OPD,” jelas Arsyadjuliandi yang dikutip laman infopublik.id, Jumat (21/4).

Adapun pegiat IT yang juga menjadi moderator pada acara FGD, Hisam Setiawan, mengatakan Provinsi Riau sebenarnya sudah memulai inisiatif gerakan dan gagasan mandiri dalam pemanfaatan TIK di desa, sebagai upaya memperbaiki tata kelola pemerintah desa. Diantaranya dengan gagasan penyediaan Internet Desa, Gerakan Belajar Bersama Tata Kelola Media Desa.

Sementara itu Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Provinsi Riau Yogi Getri mengatakan tahun ini berbenah dulu infrastruktur dilingkungan pemerintahan nantinya jika telah bagus maka akan dilanjutkan ke desa-desa.”Pemerintah Provinsi melalui Diskominfotik akan melakukan pembenahan terlebih dahulu di dalam lingkup OPD, barulah nantinya IT ini akan kita jalankan menuju desa desa yang ada di Riau,”Ungkap Yogi Getri.

Pembicara kunci dari Dirjen Aplikasi Informatika (Aptika) Kemenkominfo Samuel Abrijani Pangerapan serta Direktur Komersil dan Pengembangan Bisnis Antara, Hempi Nartomo Prajudi. Sedangkan para panelis adalah Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Riau, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Provinsi Riau dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Riau dipandu Hisam Setiawan anggota Komisi Penyiaran Informasi Daerah Provinsi Riau.

Acara ini dihadiri Bupati/Walikota se-Riau Ketua DPRD Kabupaten/Kota, Kepala Diskominfo kabupaten kota, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa kabupaten/kota, rektor perguruan tinggi, perusahaan swasta, praktisi dan penggiat IT, perwakilan desa serta media massa.

Nanie/Journalist/BD
Editor : Agustinus Purba
Image : BD

One comment

  1. I really like what you guys tend to be up too. This sort of clever work and exposure! Keep up the amazing works guys I’ve included you guys to my own blogroll.
    [url=http://www.ayacara.org/category/computers-internet/games/]Maglia Lazio 2017[/url]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*