Estrela2

Desain Minimalis Untuk Hunian Masa Kini

Banyak orang terutama para praktisi properti yang menyatakan bahwa desain minimalis akan terus bertahan dan berlanjut sejak tahun 2013. Bahkan hingga tahun 2017 konsep desain ini tetap punya banyak penggemar.Alasannya adalah karena desain ini tidak membutuhkan tempat yang luas namun tetap mampu memunculkan kesan yang modern, mewah dan elegan.Apalagi saat ini orang lebih suka mementingkan fungsi daripada tampilan.

Furniture minimalis selalu diusahakan untuk punya fungsi yang lain dan tidak hanya untuk menciptakan keindahan saja.Saat ini semakin banyak perumahan-perumahan baru yang bermunculan dengan tipe-tipe minimalis. Selain itu, bermunculan pula apartemen-apartemen dengan konsep minimalis.

Estrela3

Bangunan yang menggunakan bentuk dan gaya minimalis lebih mementingkan fungsi sekaligus penggunaan bahan. Demikian pula dengan tata ruang yang berada di bagian dalam yang sering disebut dengan interior. Perabot yang ditempatkan pada ruang juga selalu menggunakan gaya desain yang sama. Konsep desain furniture minimalis ini juga tidak berbeda dengan konsep bangunan dan tampilan eksterior yang lain.

Salah satu ciri utama furniture yang menerapkan gaya minimalis ini adalah hanya menggunakan hiasan profil yang jumlahnya sedikit saja sehingga memunculkan kesan yang simple dan sederhana. Penggunaan hiasan profil yang banyak akan selalu dihindari apalagi ornamen yang berbentuk ukiran. Meski demikian, bukan berarti dana yang dikeluarkan bisa menjadi lebih irit, karena jika bahan yang dipakai mempunyai kualitas yang lebih bagus pasti harganya juga akan lebih mahal.

Estrela4

Jika bila ada anggapan yang mengatakan bahwa desain furniture minimalis selalu lebih murah, hal ini merupakan suatu kesalahan. Banyak furniture yang mempunyai tampilan sederhana tapi tetap punya harga yang tinggi, karena selain menggunakan kualitas terbaik juga desain furniture itu punya nilai keistimewaan tersendiri yang tidak dapat dimiliki oleh desain furniture yang lain.

Tips memilih furniture minimalis untuk rumah atau apartemen yang cocok memang tidaklah mudah, terutama apabila rumah atau apartemen Anda terbilang cukup kecil. Oleh karenanya topik pembahasan mengenai furniture minimalis kesempatan kali ini mungkin bisa menjadi salah satu rujukan informasi yang tepat serta dapat memberikan banyak manfaat terutama bagi Anda yang belum memiliki pengetahuan atau pun pengalaman dalam bidang desain interior.

Desain interior merupakan salah satu faktor penting untuk membuat hunian tampak lebih nyaman, indah dan asri. Oleh sebabnya banyak orang yang akhirnya mencoba-coba mengkreasikan desain rumah sendiri tanpa disertai pedoman ataupun referensi, dan sebagai akibatnya adalah banyak dari mereka yang terlanjur salah dalam menentukan jenis serta ukuran furniture yang tepat. Dan tak sedikit dari mereka yang justru malah mendapatkan hasil yang tidak sesuai dengan ekspektasi, bahkan lebih parah lagi, terlihat berantakan.

Estrela5

Hal tersebut dapat semakin di perparah dengan kondisi hunian yang kecil. Terlebih lagi bagi Anda yang tinggal di hunian-hunian baru dengan konsep minimalis dikarenakan keterbatasan area, tentunya furniture dan interior dengan gaya minimalispun cenderung dianggap sebagai salah satu solusi terbaik untuk hunian.

Jadi apa yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan untuk membeli furniture dengan kondisi ruangan yang sempit? Berikut adalah tips yang bisa Anda lakukan untuk memilih furniture minimalis yang cocok untuk hunian Anda :

  1. Mengukur luas ruangan

Sebelum membeli mebel atau furniture, pastikan terlebih dahulu Anda telah mengukur luas ruangan yang tersedia. Saran pertama untuk Anda adalah jangan terlalu memaksakan furniture dengan ukuran besar di ruangan yang sempit karena justru ruang tamu akan terasa penuh dan sesak.

  1. Bahan yang digunakan

Tentukan bahan yang akan Anda gunakan sesuai dengan kesan yang ingin Anda berikan pada hunian Anda. Hingga saat ini bahan paling favorit yang digunakan untuk membuat furniture adalah kayu. Hal yang sama juga terjadi pada furniture yang menggunakan gaya dan desain minimalis. Tapi saat ini gaya tersebut tidak hanya menggunakan kayu saja. Furniture gaya minimalis juga bisa dipadu dengan bahan lain terutama dari kaca atau logam sejenis alumunium.Bahkan kedua bahan ini jadi alternatif utama karena dianggap mampu memunculkan kesan yang lebih modern dan mewah.Selain itu dengan menggunakan kaca dan logam alumunium, konsep minimalis bisa diterapkan dengan mudah karena penggunaan bahan tersebut tidak membutuhkan lingkungan atau hiasan profil yang banyak.

  1. Warna dan model

Pilihlah warna yang tegas dengan model yang mungil, simpel dan terkesan kurus. Hindari membeli furniture dengan desain yang berukuran besar  karena pasti pasti akan mempersempit ruangan Anda. Selain bentuk dan ukuran, pemilihan warna adalah salah satu faktor kunci yang Anda harus perhatikan.Usahakan memilih warna furniture yang kontras dengan warna cat tembok hunian Anda karena dikhawatirkan justru cat tembok yang sama dengan furniture justru akan mengaburkan nilai estetis dari furniture tersebut. Gunakanlah warna cat yang bisa menciptakan suasana yang terang pada ruangan, terutama pada tembok dan plafon.Sebagai referensi, Anda bisa menggunakan cat dengan warna putih, kuning gading, hijau muda atau warna-warna pastel. Alternatif lain adalah dengan menggunakan wallpaper. Wallpaper yang dapat Anda gunakan adalah warna-warna terang sehingga menciptakan kesan luas. Motif horizontal dapat memberikan kesan luas pada ruangan yang kecil, sedang motif vertikal untuk memberikan kesan tinggi yang cocok di aplikasikan pada ruangan dengan plafond yang rendah.

  1. Konsep ruangan

Hal yang terakhir dari tips memilih furniture minimalis untuk hunian Anda adalah memahami konsep yang ingin Anda buat. Hal ini memiliki peranan yang cukup penting dengan maksud agar konsep utama yang ingin Anda tonjolkan dari hunian Anda benar-benar terealisasi dan desain furniture yang ada tidak bertabrakan antara yang satu dengan yang lainnya. Dengan demikian ruangan dan furniture akan benar-benar terlihat selaras sehingga bisa menciptakan efek yang harmonis.Furniture minimalis harus bisa membuat desain yang sederhana tapi tetap indah, juga harus mempertimbangkan posisi dan letak atau lokasi dimana perabotan furniture tersebut mau dipasang.

Demikianlah beberapa tips dasar dalam mendesain gaya minimalis untuk diaplikasikan di hunian Anda. Selamat berkreasi dan semoga artikel mengenai tips memilih furniture hunian minimalis ini bisa memberikan referensi yang berguna bagi Anda dan keluarga. Apabila Anda ingin melakukan konsultasi Anda dapat juga menghubungi kami melalui email di cs@estrelafurniture.com atau melalui telepon (WA)  di +6281932418412. Untuk mencari inspirasi desain, Anda juga bisa mengunjungi website kami di www.estrelafurniture.com.

Estrela1

10 comments

  1. Get Free Xbox Live Codes

  2. for more information please visit

  3. Really such a useful web site.
    [url=http://www.adventurenorthhockey.com/]maglie serie a 2016 poco prezzo[/url]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*