Proses Perizinan Usaha Migas Dipangkas, Sekarang Beralih ke Online

(Berita Daerah – Jakarta) Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melakukan penyederhanaan proses perizinan migas guna mendorong para pelaku migas di Tanah Air bergerak lebih cepat akibat aturan tersebut dan dengan dukungan penerapan sistem perizinan online. Hal ini sesuai Peraturan Menteri (Permen) ESDM Nomor 29 Tahun 2017 tentang Perizinan Pada Kegiatan Usaha Migas.

Mengutip laman esdm.go.id, Selasa (25/4), Direktur Jenderal Migas, IGN Wiratmaja Puja mengatakan bahwa perzinan kegiatan usaha minyak dan gas (Migas) sudah resmi disederhanakan, dulu ada 104, sekarang tinggal menjadi 6.

Enam izin tersebut melingkupi 2 izin di bagian hulu dan 4 izin di bagian hilir. Di hulu hanya ada dua izin, yaitu survei umum dan pemanfaatan dasar migas. Sementara, empat izin di hilir terdiri dari pengolahan, penyimpanan, pengangkutan dan usaha niaga.

Sebelumnya, jumlah perizinan migas sebanyak 104 izin dan menjadi 42 izin pada tahun 2016 yang didelegasikan ke Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). Wiratmaja menegaskan terbitnya beleid tersebut merupakan gabungan dari beberapa Permen ESDM sebelumnya. Permen yang digabung adalah Permen ESDM Nomor 23 Tahun 2015 tentang Pendelegasian Perizinan ke BKPM, Permen ESDM Nomor 007 Tahun 2005 tentang Perizinan Usaha Hilir, Permen ESDM Nomor 15 Tahun 2016 tentang Izin Investasi 3 jam, Permen ESDM Nomor 27 Tahun 2006 tentang Pemanfaatan Data Survei Umum, Eksplorasi dan Eksploitasi dan Permen ESDM Nomor 28 Tahun 2006 tentang Pedoman Survei Umum Hulu Migas.

Meskipun begitu, Wiratmaja menegaskan keberadaan Permen ESDM mesti didukung oleh instansi lain yang terkait supaya proses penyerdehanaan perizinan berjalan optimal. “Masih ada 200 (izin) lagi dari institusi lain yang juga (perlu) disederhanakan sehingga indsustri migas hulu maupun hilir bisa bergerak lebih cepat,” harap Wiratmaja.

Guna mendukung proses perizinan, tambah Wiratmaja, Kementerian ESDM akan menerapkan sistem online. “Kita juga dalam perjalanan membuat semua perizinan di migas ini sistemnya adalah online, sebagian sudah online, misalnya izin pengangkutan,” tuturnya. Pada akhir tahun 2017, Wirat berjanji perizinan di migas sudah fully online sehingga dalam mengurus izin tidak perlu pihak ketiga dan sebagainya.

Langkah penyederhanaan perizinan ini menjadi pesan penting bagi Menteri ESDM Ignasius Jonan dalam membenahi pelayanan publik. “Ini yang saya minta berkali-kali sesuai arahan Bapak Presiden. Makin cepat, makin efektif, makin sederhana juga prosedurnya dan sebagainya. Direktorat Jenderal Migas, Gatrik juga dan juga minerba sudah saya tanda tangani peraturan tentang penyederhanaan perizinan. Tinggal implementasinya pak ya. Tolong jangan kelamaan,” ungkap Jonan saat pelantikan dan pengambilan Sumpah Jabatan di Lingkungan KESDM pada Selasa (25/4) sore harinya.

Panda/Journalist/BD
Editor  : Agustinus Purba
Image  : Esdm

2 comments

  1. Heya are using WordPress for your blog platform? I’m new to the blog world but I’m trying to get started and set up my own. Do you need any coding expertise to make your own blog? Any help would be greatly appreciated!
    [url=http://www.ayacara.org/category/real-estate/rentals/rental-management/]Maglia Chelsea 2017[/url]

  2. BeverlyRu Tottenham Hotspurs Ernestina
    Jonathans Manchester City FlossieCo
    DelorisWa Schalke 04 AllisonCo
    CEZPrecio Frankrike JinarmGuo
    NestorBer Paris Saint Germain TerriHayw
    Albertina Nederlanderna ModestaCh
    DianneGen Rumanien Jacquelyn
    ElsaDacom West Ham United IsabellAh
    GeorgiaFr Manchester City JaniBinkl
    KinaClemm Chelsea TeodoroLo
    MiraNeill Dortmund AshliGome
    KarinMilt Ryssland AudreyCar
    HLOTeridx Valencia VernellLe
    MartySchi Colombia StuartPop
    BennettSt Valencia TerenceTu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*