Jembatan-Barelang, Batam (Dahlia, Beritadaerah)
Jembatan-Barelang, Batam (Dahlia, Beritadaerah)

Batam : Anggaran Rp 130 Miliar untuk Perbaikan Jalan dan Air

(Berita Daerah – Batam) Dalam upaya perbaikan sejumlah infrastruktur dan penyediaan air di Batam, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahaan Rakyat (PUPR) akan mengelontorkan anggaran senilai Rp 130 miliar rupiah.

Dana tersebut khusunya diperuntukkan bagi perbaikan dan pelebaran jalan.  Kemenpera menyiapkan Rp 130 miliar, yang akan diberikan secara bertahap melalui Balai Pelaksanan Jalan Nasional IV Ditjen Bina Marga.

Kepala Balai Pelaksanan Jalan Nasional IV Ditjen Bina Marga Junaidi mengatakan anggaran Rp130 miliar itu nantinya digunakan untuk perbaikan dan pelebaran jalan sepanjang 170 Km di seluruh Batam.

Tahun ini rencanannya digelontorkan Rp 18 miliar, untuk perbaikan beberapa ruas jalan, yakni  jalan Tanjung Uncang – Simpang Kabil – Nongsa – Tembesi – Pulau Galang.

Pelebaran jalan juga akan dilakukan di Simpang KDA dan daerah lainnya, termasuk perbaikan jembatan Tengku Fisabilillah atau jembatan 1 Barelang, serta pemeliharaan sejumlah ruas jalan nasional.

“Jembatan Barelang ada rehab sedikit karena kabelnya bermasalah. Kita perbaiki tahun ini. Selain itu ada pemeliharaan ruas-ruas jalan,” kata Junaidi.

Kemenpera juga mengelontorkan dana untuk ketersediaan air di Batam, di mana saat ini ada proses pembangunan Waduk Sei Gong sebagai penyuplai air di Kecamatan Galang, dan pembangunaan waduk ini diperkirakaan menghabiskan anggaran Rp 340 miliar.

Tak hanya itu, pemerintah pusat juga akan melakukan perbaikan infrastruktur khususnya di daerah destinasi pariwisata.

Nanie/Journalist/BD
Editor  : Agustinus Purba
Image  : BD

 

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*