arsip-berita-plts-masuk-warga-teluk-sekatak-hemat-rp-870000-per-bulan-47lj1ak

Kementerian ESDM Resmikan PLTS Terpadu Siandau di Kabupaten Bulungan, Kaltara

(Berita Daerah – Kalimantan) Pemerintah dalam hal ini Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) terus membangun pembangkit listrik berbasis energi baru dan terbarukan khususnya daerah-daerah yang sulit terjangkau aliran listrik.

Salah satu daerah di Kalimantan Utara (Kaltara), yakni Dusun Siandau yang berada di Kabupaten Bulungan bergantung pada genset untuk penerangan di malam hari. Untuk menuju dusun ini, diperlukan waktu tak kurang dari 25 menit menggunakan speedboat dari pelabuhan Tengkayu I di Kota Tarakan. Dengan kondisi geografis mengapung di atas perairan, sulit bagi PLN untuk memasang jaringan on grid di dusun tersebut.

Usulan Pemerintah Daerah untuk membangun PLTS pun segera disambut Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) yang memang tengah menyasar pengembangan energi baru terbarukan bagi pemerataan infrastruktur ketenagalistrikan di wilayah terluar Indonesia. Pembangunan PLTS yang berlangsung 7 bulan tersebut menghasilkan PLTS berdaya 15 kilowatt peak (kWp) dan dapat menerangi rumah warga serta fasilitas umum berupa sekolah, rumah ibadah, juga balai pertemuan warga.

Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM Rida Mulyana, datang langsung ke Dusun Siandau guna meresmikan PLTS Terpadu Siandau dan beberapa infrastuktur lainnya di kawasan Kalimantan Utara, Sabtu (6/5). Dalam sambutan maupun saat berbincang dengan warga, Rida Mulyana selalu berpesan agar infrastruktur ini dapat dijaga dengan baik.

“(PLTS) ini punya bapak ibu. Minta tolong dijaga dengan baik agar manfaatnya bisa lebih dirasakan bapak dan ibu,” pesan Rida Mulyana yang dikutip laman esdm.go.id, Minggu (7/5).

Pemerintah terus mengejar target penggunaan energi baru terbarukan untuk pemenuhan kebutuhan energi nasional. Kebijakan Energi Nasional (KEN) yang ditetapkan dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 79 Tahun 2014 tentang Kebijakan Energi Nasional disusun sebagai pedoman untuk memberi arah pengelolaan energi nasional guna mewujudkan kemandirian energi dan ketahanan energi nasional untuk mendukung pembangunan nasional berkelanjutan.

Yohan/Journalist/BD
Editor : Lenny Ambarita
image  : Esdm

6 comments

  1. I’m extremely inspired with your writing abilities and also with the structure on your blog. Is this a paid subject matter or did you customize it yourself? Anyway keep up the nice quality writing, it is uncommon to see a great blog like this one today..

  2. Empower Network Independent Review

  3. KdL7fi online. Please let me know if you have any kind of suggestions or tips for new

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*