kerjasama Gorontalo dengan Polandia

Ketertarikan Polandia Atas Kekayaan Wisata Gorontalo

(Berita Daerah – Sulawesi)  Negara Polandia sangat tertarik untuk melakukan penjajakan kerjasama dengan Pemerintah Provinsi (pemprov) Gorontalo. Ketertarikannya diwujudkan dengan kedatangan perwakilan dari negara Polandia yakni Konselor Pertama Romuald Morawski,  yang sekarang menjabat sebagai Kepala Divisi Promosi Perdagangan dan Investasi Kedutaan Besar Polandia di Jakarta. Saat itu, negara Polandia telah mengakui bahwa potensi alam Gorontalo amat kaya.

Dalam kunjungannya ke Gorontalo, Romuald Morawski mengatakan bahwa Gorontalo merupakan daerah yang cantik, serta punya potensi pariwisata yang besar dan perdagangan serta investasi, demikian yang dikutip dari laman gorontaloprov.go.id, Sabtu (6/5). Selain potensi tersebut, masih ada potensi lainnya adalah sektor maritim, perikanan, dan pertanian.  Tetapi Morawski juga menyatakan bahwa teknologi hijau sangat diperlukan khususnya untuk melindungi masa depan penerus Gorontalo adalah hal yang paling penting terkait keberlangsungan kekayaaan alam yang ada.

Pada kesempatan kali ini, Morawski dan istrinya sempat menikmati keindahan alam di Pulau Cinta, di Kabupaten Boalemo. Morawski mengatakan bahwa masih banyak pulau dan pantai di Gorontalo yang dapat menjadi potensi yang sangat bagus. Jadi bisa nantinya, penerbangan wisatawan dari Polandia ke Indonesia khususnya ke Gorontalo terbuka peluangnya dan ini cukup menjanjikan.

Selain itu, pembicaraan kerjasama juga berlanjut kepada sektor lainnya yang juga dapat dilakukan karena memang kesempatan Gorontalo untuk memasarkan produk-produk Gorontalo langsung ke Polandia itu terbuka lebar.

Kepala Divisi Promosi Perdagangan dan Investasi Kedutaan Besar Polandia menerima banyak informasi dari Pemprov Gorontalo mengenai potensi ekonomi dari berbagai sektor. Sementara itu, Romuald Morawski juga memberikan masukan agar Pemprov Gorontalo tak hanya bermain di wilayah lokal atau Asia saja tetapi mulai dipikirkan untuk berpromosi hingga ke tingkat internasional seperti Eropa. Sehingga market bagi Gorontalo makin besar.

Pihak Polandia sudah banyak tahu tentang produk-produk Gorontalo dan mereka bersedia untuk kerjasama langsung antara perusahaan Polandia dan Gorontalo.  Polandia juga menyediakan jalur website untuk membantu promosi produk-produk unggulan yang ada di Gorontalo, sehingga fasilitasnya telah disiapkan juga. Karena itu, Pemprov Gorontalo dapat memakai fasilitas yang diberikan guna memasarkan produk-produk daerah.

Polandia merupakan salah satu negara yang berada di jantung Eropa. Polandia sendiri banyak memproduksi barang-barang terkait pengolahan bahan-bahan segar seperti buah, ikan dan makanan segar lainnya. Teknologi hijau atau green technology juga menjadi sasaran promosi Polandia bagi Gorontalo.

Nantinya, jika kerjasama ini disepakati, maka tidak hanya sektor pariwisata yang akan berkembang, tetapi akan bertumbuh industri-industri lainnya, terkait permintaan dari produk-produk yang ada untuk dapat dipasarkan di Polandia. Ini akan merupakan keuntungan yang besar bagi masyarakat, selain pendapatan bagi masyarakat akan meningkat, tetapi masyarakat dapat juga berpartisipasi karena terbukanya lapangan pekerjaan baru.

Lea/Journalist/BD
Editor : Lenny Ambarita
Image : Gorontaloprov

11 comments

  1. Dallas Popcorn Ceiling Removal

  2. metodo del ritmo para mujeres irregulares

  3. Enjoy Pepsi IPL Live 2014

  4. tworzenie stron warszawa

  5. Hi, cool web-site you’ve got presently.
    [url=http://www.adventurenorthhockey.com/]completini calcio poco prezzo[/url]

  6. harrisburg bankruptcy attorney

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*