Kalsel-300x209

Presiden Jokowi Resmikan Pelabuhan di Kabupaten Halmahera Tengah, Malut

(Berita Daerah – Nasional) Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan rombongan akan melanjutkan kunjungan kerja ke Provinsi Maluku Utara, Senin (8/5). Sebelumnya Presiden melakukan kunjungan kerja di Kalimantan Selatan. Turut mendampingi Presiden Jokowi ke Maluku Utara adalah Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Kesehatan Nila Moeloek, Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa dan Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki.

Setibanya di Ternate, Presiden dan Ibu Negara beserta rombongan akan melanjutkan perjalanan menuju Halmahera Tengah menggunakan Helikopter Super Puma TNI AU. Mengutip laman setkab.go.id, Senin (8/5), di Halmahera Tengah, Presiden dijadwalkan akan meresmikan Pelabuhan Laut Tapaleo, Pelabuhan Laut Wayabuka dan Pelabuhan Bicoli di Pelabuhan Laut Tapaleo, Desa Tepeleo, Kecamatan Patani Utara, Kabupaten Halmahera Tengah, Senin (8/5) siang.

Setelah meresmikan fasilitas pelabuhan, Presiden Jokowi juga akan menyerahkan Kartu Indonesia Pintar (KIP), Pemberian Makanan Tambahan (PMT), Program Keluarga Harapan (PKH) dan Kartu Indonesia Sehat (KIS) di sekolah dasar yang berada di Desa Tepeleo, Kecamatan Patani Utara,  Kabupaten Halmahera Tengah, Maluku Utara. Selain itu, juga ada penyerahan sertifikat tanah kepada masyarakat.

Kabupaten Halmahera Tengah dikenal dengan tambang nikel yang berada di Pulau Gebe, yang terletak jauh di seberang lautan sebelah timur, dekat kepala burung Papua. Tambang nikel ini dikelola oleh PT Aneka Tambang. Nikel yang dihasilkan hanya nikel mentah untuk kemudian diekspor ke dan diproses di Jepang. Ekspor hasil tambang dilakukan lewat pelabuhan khusus yang ada di Pulau Gebe.

Yohan/Journalist/BD
Editor : Lenny Ambarita
Image  : Setkab

6 comments

  1. kardiolog dzieciecy olsztyn

  2. Hello there! I could have sworn I’ve been to this website before but after browsing through some of the post I realized it’s new to me. Nonetheless, I’m definitely delighted I found it and I’ll be bookmarking and checking back often!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*