Jalan trans Papua, Photo Kementerian PUPR

Presiden Jokowi Tinjau Jalan Trans Papua Ruas Wamena-Mumugu

(Berita Daerah – Wamena) Pada hari kedua kunjungannya ke Papua, Presiden Joko Widodo (Jokowi), Rabu (10/5) pagi, akan bertolak menuju Wamena, Kabupaten Jayawijaya untuk meninjau jalan Trans Papua. Salah satu pembangunan konektivitas paling penting di Papua adalah Jalan Trans Papua ini, yang ditargetkan bisa rampung dan tersambung seluruhnya pada periode 2018-2019 mendatang.

Meski dalam pembangunannya melewati medan yang sulit lantaran harus menembus gunung-gunung dan membelah bukit, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menargetkan Jalan Trans Papua bisa diselesaikan lebih panjang lagi pada tahun 2017 ini. Untuk Wamena pembangunan Trans Papua ini berada di ruas 5 yakni Wamena – Kenyam – Mumugu dengan total panjang jalan 284,3 Km.

Memang disampaikan juga oleh Presiden, medan pembangunan jalan di Papua sangat berat sekali sehingga harus dikerjakan bersama oleh Kementerian PUPR dan  Tentara Nasional Indonesia (TNI). Melalui kerja sama tersebut, diharapkan  kecepatan pembangunan di Papua akan lebih cepat.

“Dari Wamena ke Kenyam, itu totalnya 200 km lebih. Karena medannya sangat berat, yang mengawali membuka itu dari TNI,” tutur Presiden. Jalan tersebut sebagian sudah diaspal namun sebagian lagi belum. Namun yang paling penting, ujar Presiden, jalan tersebut dibuka dulu.

“Aspalnya mengikuti, yang paling penting dibuka dulu. Kalau enggak punya keberanian seperti itu, enggak akan selesai kita,” tegas Jokowi.

Presiden Jokowi menargetkan infrastruktur jalan tersebut sudah bisa dibuka pada tahun 2018.

“Saya menargetkan semua hal yang berkaitan dengan infrastruktur dibuka, dibuka, dibuka. Pak Menteri mintanya 2019, saya tawar 2018. Tapi mestinya Pak Menteri bicara dulu dengan Panglima TNI nanti sambung, dengan Gubernur sambung, baru kerjakan dan harus selesai,” pungkas Presiden.

Nanie/Journalist/BD
Editor  : Lea Ambarita
Image  : PU

 

9 comments

  1. 24 hour printing los angeles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*