Potensi Mamuju, Prospek Masa Depan Sulawesi Barat

mamuju1

Beberapa waktu lalu, persis di akhir Maret 2017, saya baru saja kembali dari salah satu daerah yakni Kota Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat.  Kota ini saya pernah kunjungi sepuluh tahun silam.  Dan kali ini merupakan kunjungan kedua saya di tahun ini.  Saya senang ada di kota Mamuju, kota yang memiliki potensi sumber daya alam  seperti tambang emas,  yang terdapat di empat Kabupaten yaitu Kabupaten Mamuju, Mamuju Utara, Mamasa dan Kabupaten Polewali Mandar (Polman).

Kalau di  Kabupaten Mamuju sendiri, kandungan emas berada di Batuisi, Kecamatan Kalumpang, Dusun Mao, Kecamatan Bonehau, Dusun Sangajo, Kecematan Korossa dan di Desa Tabolang, Kecamatan Topoyo.  Selain itu,   ada juga potensi lainnya yakni di sektor pertanian yang punya peluang yang masih terus dikembangkan seperti Kakao, Sawit, jagung.  Hanya saja, semua masih  belum terkelola secara maksimal.   Pabrik coklatnya belum ada, walaupun Mamuju merupakan penghasil coklat, di Mamuju hanya bahan mentah, tetapi pabriknya harus dibawa ke Makasar.   Sedangkan untuk kelapa sawit, memang sudah ada pabrik untuk bahan mentahnya, tetapi industri ke hilirnya masih perlu investasi masuk dari asing.

Kalau dari segi infrastruktur jalan di kota Mamuju, sudah bagus, walaupun  menurut keterangan seorang teman  disana, ini baru mencapai 25 % dari yang ditargetkan.   Selain sektor pertanian, Mamuju juga kaya dengan sektor perikanan. Di kota sudah ada pelabuhan ikan serta pelelangan, walaupun itu belum maksimal dimanfaatkan, kapal-kapal ikan yang disana masih tergolong kapal kecil bukan kapal besar yang mampu memuat ikan dalam jumlah besar.  Sewaktu saya ke pelabuhan ikan yang dekat dengan Kota, ikan-ikan hasil tangkapan itu masih dalam kondisi fresh, harganyapun tidak mahal, masih tergolong murah.

mamuju 24

Belum lagi destinasi wisata yang masih asri, seperti pantai di Pulau Karampuang,  destinasi yang saya kunjungi sebelum saya kembali ke Jakarta, di Pulau ini belum ada hotel, dan fasilitas lainnya, kondisinya masih seperti 10 tahun yang lalu.

Bangunan-bangunan di Kota belum banyak yang bertingkat diatas 4 lantai, kalaupun ada, hotel-hotel disana, itu masih hotel bintang tiga. Potensi ini menurut saya harus dimaksimalkan, karena hal itu bukan tidak mungkin untuk dapat berkembang bahkan menjadi daerah yang maju.

Aktivitas perekonomian di Kota Mamuju,  belum tidak terlihat ramai, saya hanya melihat bank-bank pemerintah, sementara bank-bank swasta hampir -hampir tidak terlihat.   Sementara untuk alat transportasi seperti kendaraan umum tidak banyak tersedia, hanya ojek motor yang banyak digunakan oleh masyarakat di Kota Mamuju.

Namun demikian, tidak perlu berkecil hati, dengan potensi yang sudah ada, baik tambang emas, coklat, kelapa sawit, perikanan serta destinasi wisata yang masih digali dan perlu dikembangkan.  Dengan mempromosikan potensi yang ada, tidak menutup kemungkinan masuknya para investor atau  pelaku bisnis baik lokal maupun asing akan datang ke Mamuju.

Mengapa demikian, karena saya pernah mengunjungi juga kota yang berada di Sulawesi, 6 tahun silam, keadaannya masih sama seperti di Mamuju, tetapi sekarang, kota itu kini pesat berkembang, karena kota tersebut memfokuskan pada potensi yang ada, dan melakukan pembangunan infrastruktur sebagai pendukung sektor lainnya.

Hal ini menjadi tanggung jawab dari pemangku jabatan di daerah, yang dapat mendorong para pelaku usaha bersama sama memanfaatkan potensi atau sektor unggulan yang ada. Hal itu tidak terlalu sulit apabila adanya suatu perencanaan untuk mencari besarnya penanaman modal yang dibutuhkkan daerah tersebut sehingga dapat tercipta suatu peluang yang besar bagi daerah itu menjadi bertumbuh. Karena kalau dilihat dari kota yang satunya, sama sama kota yang dalam pemekaran.

Pas Foto LMA

Penulis Lenny Ambarita adalah Kepala Bidang Pelatihan Lepmida (Lembaga Pengembangan Manajemen dan Investasi Daerah)

7 comments

  1. My developer is trying to convince me to move to .net from PHP. I have always disliked the idea because of the costs. But he’s tryiong none the less. I’ve been using WordPress on several websites for about a year and am anxious about switching to another platform. I have heard fantastic things about blogengine.net. Is there a way I can transfer all my wordpress content into it? Any help would be really appreciated!

  2. Hello would you mind letting me know which hosting company you’re using? I’ve loaded your blog in 3 different web browsers and I must say this blog loads a lot quicker then most. Can you recommend a good hosting provider at a fair price? Thanks, I appreciate it!

  3. I am continuously browsing online for ideas that can help me. Thank you!

  4. Simply wanna remark on few general things, The website style and design is perfect, the subject matter is very wonderful : D.

  5. I like the helpful info you provide in your articles. I will bookmark your blog and check again here frequently. I’m quite sure I’ll learn many new stuff right here! Good luck for the next!

  6. I just could not go away your web site before suggesting that I really enjoyed the usual info an individual supply for your visitors? Is going to be again ceaselessly to check out new posts

  7. Simply a smiling visitor here to share the love (:, btw great style .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*