Kunjungan Gorontalo ke Banten

Pemprov Gorontalo Menjadikan KEK Tanjung Lesung-Provinsi Banten Kawasan Percontohan bagi Daerahnya

(Berita Daerah – Sulawesi )  Provinsi Gorontalo dalam beberapa tahun belakangan ini mengalami perkembangan pada perekonomian, yang membuat Provinsi Gorontalo kini memfokuskan juga kepada sektor pariwisata yang makin menjanjikan. Dalam upaya meningkatkan potensi destinasi pariwisata sekaligus dalam rangka persiapan penyusunan usulan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) ke dewan pusat, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Gorontalo telah melakukan kunjungan ke Dinas Pariwisata Provinsi Banten.

Provinsi Banten dengan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung yang merupakan salah satu kawasan yang dapat dijadikan sebagai percontohan dalam mengembangan pertumbuhan destinasi pariwisata yang telah berhasil diterapkan oleh Provinsi Banten. Dan kali ini, Pemprov Gorontalo sedang fokus ke sektor Pariwisata agar dengan adanya KEK nantinya, maka Gorontalo akan mengalami perkembangan dengan pesat seperti di Provini Banten.

Provinsi Banten dengan  KEK yang dimilikinya telah berhasil sehingga dijadikan contoh oleh daerah-daerah lainnya. Hal ini menjadi suatu nilai yang baik, sebab telah diperhitungkan menjadi provinsi yang berhasil.

Mengutip dari laman bantenprov.go.id, Rabu (17/5) Kabid Perencanaan Ekonomi Bappeda Provinsi Gorontalo Irvan Katili menilai bahwa pariwisata di Gorontalo saat ini cukup berkembang dan terbilang potensial untuk bisa dijadikan sebagai kawasan strategis wisata dengan letak strategisnya dekat dengan pemerintahan.

Kunjungan kerja ke Provinsi Banten merupakan salah satu langkah untuk belajar mengenai pengelolaan destinasi pariwisata KEK Tanjung Lesung, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten. Bahkan beliau juga mengatakan bahwa pihaknya sudah menyusun dokumen usulan KEK ke dewan nasional dengan persiapan 90 persen. Kami belajar ke Dispar Banten dan pelaku industri pariwisatanya dalam mengembangkan program KEK.

Jika Provinsi Banten  dengan KEK Tanjung Lesungnya dijadikan percontohan, itu mendorong Pemprov Banten terus berkreasi dengan terus melakukan inovasi serta pengembangan sehingga mampu terus mempertahankan prestasinya.

Lea/Journalist/BD
Editor : Lenny Ambarita
Image :bantenprov.go.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*