Tandatangani MoU Pendahuluan dengan Tiongkok, Pemkot Tegal Giat Tarik Investor

(Berita Daerah – Jakarta) Penandatanganan MoU (Memorandum of Understanding) Pendahuluan kerjasama investasi antara Pemerintah Kota Tegal dengan Republik Rakyat Tiongkok (RRT) merupakan salah satu upaya Pemkot Tegal menarik investasi. Adapun kerjasama ini dalam rangka mengembangkan pembangunan berbagai infrastruktur maupun bidang lainnya di Kota Tegal.  Walikota Tegal, KMT Hj. Siti Masitha Soeparno menandatangani MoU Pendahuluan dengan RRT pada acara One Belt One Forum For Indonesia, Tiongkok dan Malaysia di Kementerian Keuangan, Jakarta.

Mengutip dari laman tegalkota.go.id,  Senin (22/5),   Walikota mengatakan bahwa langkah yang diambil Pemkot Tegal bertujuan untuk menarik investasi para nvestor dari Tiongkok maupun Malaysia untuk masuk ke Kota Tegal. Adapun dalam perjanjian tersebut terkait dengan bidang pembangunan yakni pengembangan Water Front City, pengembangan fasilitas olahraga, perdagangan, serta pengembangan industri kecil.   Jika hanya menggunakan APBD saja tidak mencukupi, sebab biaya yagn dibutuhkan untuk pembangunan tersebut sangat besar, sehingga diperlukan dana investasi dari asing.

Langkah yang dilakukan oleh Walikota Tegal ini, juga diikuti oleh beberapa kepala daerah lainnya yang ada di Indonesia untuk dapat menarik para investor dalam acara tersebut. Hadir disana 1200 peserta dari negara Tiongkok dan Malaysia.  Setelah penandatanganan itu, tindak lanjut berikutnya yakni dalam waktu dekat Tiongkok akan mengklarifikasi berbagai ajuan serta mengundang pemerintah daerah untuk datang ke Tiongkok.

Tidak hanya itu saja, Tiongkok juga akan datang ke Kota Tegal untuk mempelajari serta melihat langsung berbagai potensi yang ada di Kota Tegal. Masih banyak lagi potensi yang dapat digali agar dapat dikerjasamakan.

Ketua DPD RI Dr Oesman Sapta yang memberikan kata sambutan pada acara pembukaannya mengatakan bahwa Tiongkok tidak perlu ragu menanamkan investasinya di Indonesia. Sebab Indonesia merupakan negara yang mempunyai pasar yang potensil bagi Tiongkok karena di Asia Tenggara pasar terbesar adalah Indonesia.

Walaupun di Indonesia sudah ada pasar lokal, sudah dipastikan bahwa tidak perlu khawatir, masih ada peluang kerjasama yang dilakukan yaitu investasi semi finishing product. Pemerintah Indonesia juga telah menyiapkan berbagai kemudahan berinvestasi di Indonesia dengan adanya pelayanan satu pintu di berbagai daerah di seluruh Indonesia.

Ke depannya, apabila telah terjalin kerjasama Kota Tegal dengan negara Tiongkok dan Malaysia, tidak menutup kemungkinan untuk negara-negera lainnya ikut terpancing berinvestasi di Indonesia, sehingga pertumbuhan perekonomian Kota Tegal terus bergerak meningkat. Akibatnya masyarakat mengalami peningkatan pada pendapatan dan kesejahteraan.

Lea/Journalist/BD
Editor : Lenny Ambarita
Image: Tegalkota

 

6 comments

  1. Keep doing what you are doing! Can you tell us more about this? You are absolutly a pro.

  2. you’ve got an important weblog right here! would you wish to make some invite posts on my blog?

  3. I like what you guys are up too. Such smart work and reporting! Carry on the superb works guys I have incorporated you guys to my blogroll. I think it’ll improve the value of my web site

  4. Merely a smiling visitant here to share the love (:, btw great design .

  5. I found this on Twitter Just wanted to say fantastic post!

  6. you use a fantastic blog here! do you wish to cook some invite posts in this little blog?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*