Tren Investasi di Provinsi Banten Terus Alami Peningkatan

(Berita Daerah – Banten) Provinsi Banten salah satu provinsi yang selalu menempati peringkat 3 besar untuk Penanaman Modal Dalam Asing (PMA) dan Penanaman Modal Dalam Negeri (PDMN) secara nasional.  Provinsi Banten dalam pergerakan investasi dinilai terus mengalami perbaikan serta peningkatan dimana dalam kurun sepuluh tahun terakhir, investasi terus mengalir masuk.

Provinsi Banten yang berdekatan dengan Ibukota Jakarta, menjadi letak yang sangat strategis. Hal ini merupakan salah satu faktor yang memberi keuntungan geografis. Peluang investasi akan lebih banyak terbuka apalagi Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) terus gencar mempromosikan peluang investasi yang ada.

Mengutip dari laman bantenprov.go.id, Rabu (24/5), Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Banten Wahyu Wardhana mengatakan bahwa motto investasi Satu Gerbang Sejuta Peluang untuk Provinsi Banten dinilai sangat relevan dengan potensi investasi yang ada di Banten.

“Kita berharap iklim investasi di Banten terus kondusif. Unsur terpenting dalam penanaman modal ialah keuntungan bagi pemerintah, pengusaha, dan masyarakat. Poin ini penting dipahami untuk menjaga kondusifitas investasi di Banten,” ujar Wahyu.

Dan yang menjadi pedoman bagi perencanaan dan pengembangan investasi di kabupaten/kota yang ada di Provinsi Banten harus sesuai dengan Rencana Umum Penanaman Modal (RUPM), diantaranya memperhatikan kenyamanan bagi lingkungan. Telah diakui bahwa RUPM yang telah dibuat akan berdampak bagi masyarakat sekitar terkait investasi yang masuk.

Kegiatan  penanaman modal akan berdampak pada perekonomian masyarakat sekitar dengan membuka lapangan pekerjaan yang seluas-luasnya pada masyarakat. Disisi lainnya, akan berdampak pada peningkatan sumber daya manusia (SDM) karena masyarakat dapat dilibatkan dalam perusahaan, walaupun perusahaan itu adalah  PMA, yang akan lebih selektif dalam memilih tenaga kerja, Tetapi itu dapat membuat kualitas SDM meningkat karena harus siap bersaing.

Provinsi Banten sendiri mempunyai potensi investasi di sektor industri manufaktur dan padat karya tetapi Banten juga menyimpan potensi sekunder seperti wisata, budaya, jasa dan property yang perlu dikembangkan. Maka pemerintah daerah harus menyiapkan profile investasinya, agar calon investor dapat segera merapat serta dapat melakukan investasi masuk ke Provinsi Banten.

Lea/Journalist/BD
Editor : Lenny Ambarita
Image : Bantenprov

 

8 comments

  1. Excellent, I’m happy to see this matieral on the web

  2. Wonderful work! That is the kind of information that should be shared around the internet. Disgrace on Google for now not positioning this publish higher! Come on over and talk over with my site . Thank you =)

  3. I like these types of posts but I find myself losing hours simply browsing and reading. Keep them coming.

  4. Very good – I enjoyed this content

  5. My boyfriend loves your posts. Thanks for posting this amazing article. WordPress pros would love this. This page was loaded when I turned on my computer.

  6. Aw, this was an exceptionally good post. Taking a few minutes and actual effort to create a good article… but what can I say… I procrastinate a whole lot and never seem to get anything done.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*