Program Prioritas Kabupaten Humbang Hasudutan

Kabupaten Humbang Hasudutan atau sering disebut Humbahas memiliki program prioritas untuk mengentaskan masyarakat kabupaten ini. “Tidak muluk-muluklah, tiga saja cukup!” demikian ujar Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor, SE menyampaikan harapan bagi penduduk yang dilayaninya. Tiga program prioritas itu yang pertama adalah pertanian. Menurut Dosmar, Humbang kaya dengan tanah pertanian yang telah dimiliki sejak lama oleh masyarakat dan menjadi kehidupan sehari-hari mereka adalah bercocok tanam. Dosmar memprioritaskan pertanian, karena ia memandang hal ini paling menguntungkan bagi masyarakat, ia memprioritaskan penanaman Kopi, yang sudah menjadi komoditas eksport meskipun sekarang ini masih menggunakan merk lain, tidak menyebut asal daerah Humbang. Mimpi Dosmar adalah tumbuhnya pengelolaan Kopi di Humbahas yang akan timbul bila ada perusahaan yang beroperasi disana. Untuk harapan ini, Dosmar memulainya dengan mendirikan Perusda atau BUMD pengelolaan kopi sebagai stimulasi untuk masuknya perusahaan pengelolaan kopi yang lain.

Selain usaha membangun pengelolaan kopi yang memberikan nilai tambah, dalam membangun pertanian, yang sangat diperlukan adalah petani itu sendiri. Dosmar berencana menghidupkan kembali kelompok-kelompok tani, diperkirakan Humbang membutuhkan 2.500 kelompok tani, yang memang benar-benar melakukan pembinaan dengan professional kepada anggotanya. Menurut bupati selama ini kelompok tani yang ada belum berfungsi dengan semestinya sehingga tidak meningkatkan produktifitas pertanian. Prioritas kabupaten Humbang selain dari Kopi ditanam juga Jagung sebagai komoditas utama, diperkirakan saat ini sudah ditanam seluas 30 ribu hektar tanaman Jagung.

Program prioritas kedua kabupaten Humbang Hasudutan adalah pendidikan, banyaknya anak-anak muda yang meninggalkan kabupaten untuk melanjutkan sekolah adalah perhatian bupati Dosmar. Waktu ditanya apa yang menjadi akar permasalahan pendidikan di Humbang, jawaban bupati adalah kualitas guru, kondisi gizi keluarga, serta infrastruktur pendidikan yang perlu dibangun di Humbang. Kualitas guru berbicara tentang bagaimana pengetahuan, semangat pengabdian yang perlu ditingkatkan dari para guru.

Pembangunan infrastruktur merupakan program prioritas ketiga di Humbang Hasudutan, Dosmar menaruh harapan banyak saat Bandara Silangit sudah dibuka, akses menjadi lebih mudah, dalam sepuluh menit sudah tiba di Humbahas, tentunya membuat kunjungan ke Humbahas semakin terbuka. Masih banyak kebutuhan lain, yang tidak bisa didanai dari APBD Humbahas maupun PAD yang nilainya sebesar Rp 41 miliar. Pembangkit listrik merupakan kebutuhan untuk mendorong tumbuhnya industri di Humbahas, Dosmar mengharapkan adanya pembangunan PLTA di daerahnya.

Bupati Dosmar memulai program prioritasnya ini dengan menyusun perencanaan melibatkan beberapa kampus yang akan digunakan menjadi pedoman dalam implementasi. Tiga program ini juga membutuhkan keterlibatan aparat pemerintah yang bersih menurut Dosmar. Seperti memindahkan gunung begitu menurut Dosmar dalam menjalankan ketiga program ini, namun ia menutupnya dengan pengharapan “segala sesuatu mungkin” begitu dia bersemangat.

Fadjar 2

Penulis Fadjar Ari Dewanto adalah Advisor Lepmida (Lembaga Pengembangan Manajemen dan Investasi Daerah)

6 comments

  1. That is a smart way of thinking about it. Great post, thanks a lot.

  2. I like the way you conduct your posts. Yessir!

  3. I like the helpful info you provide in your articles. I?ll bookmark your blog and check again here frequently. I am quite sure I?ll learn a lot of new stuff right hear Best of luck for the next!

  4. I shared your blog on Twitter. Well written! This information is good. It is very informative and you are obviously very knowledgeable in this area. I am impressed, I must say.

  5. I tell all my friends to come to your site since you have such great info.

  6. Ever traveled to Michigan? I truly think this blogs needs much more consideration. I will probably be again to read much more, thanks for that info.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*