Kejar Target Swasembada Bawang Putih, Kementan Siapkan Lahan 72 Ribu Hektar

(Beritadaerah – Nasional) Kementerian Pertanian menargetkan swasembada bawang putih pada tahun 2019. Untuk mencapai target tersebut Indonesia memerlukan paling tidak 72 ribu hektare lahan bawang putih. Hal ini disampaikan Sekretaris Direktorat Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian (Kementan) Sri Wijayanti. Prediksi ini dengan catatan produksi harus dicapai sebesar 8 ton per hektare. Angka tersebut diyakini akan mampu memenuhi kebutuhan bawang putih nasional.

“Kebutuhan bawang putih Indonesia mencapai 480 ribu ton per tahun. Sekarang impornya lebih dari 90 persen kebutuhan nasional,” ungkap Sri di Jakarta, Rabu (21/6). Lokasi yang akan ditanami bawang putih adalah  Sembalun NTB, Temanggung Jawa Tengah, Magelang Jawa Tengah, Solok Sumatera Barat dan Tegal Jawa Tengah. Lokasi tersebut dipilih karena merupakan sentra bawang putih.

Bawang putih dapat tumbuh baik jika ditanam di dataran tinggi 700 meter di atas permukaan laut (dpl). Selain didukung keberadaan wilayah yang sesuai untuk pertanaman bawang putih, keberadaan petani bawang putih juga menjadi nilai tambah.

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) telah menyiapkan lokasi yang cocok. Sudah didapat 450 ribu hektare lahan yang cocok untuk bawang putih. Namun, dari besarnya angka tersebut kemudian akan dipilah lokasi terbaik dalam mewujudkan swasembada bawang putih.

Sri mengatakan Kementan menganggarkan sekitar Rp5 triliun untuk mendukung program ini selama tiga tahun, dari 2017 hingga 2019.

“Nanti tahun 2017 hingga 2018 alokasi bawang putih dilakukan untuk benih semua, karena kebutuhan benih bisa sampai 1 ton per hektare. Tahun 2019 nanti baru produksi,” tuturnya.

Selain penyediaan lahan, pemerintah juga akan membantu sarana produksi (saprodi) seperti benih dan tenaga. Utuk merangsang minat petani dalam memproduksi bawang putih, kata Sri, diperlukan pihak yang mau menampung produk hasil panen mereka nantinya. Perum Bulog sebagai BUMN akan digandeng untuk membantu penyerapan hasil panen bawang putih.

Nanie/Journalist/BD
Editor : Lenny Ambarita

3 comments

  1. I carry on listening to the news update lecture about getting free online grant applications so I have been looking around for the best site to get one. Could you tell me please, where could i acquire some?

  2. There is noticeably a lot of money to comprehend this. I suppose you made specific nice points in functions also.

  3. I am pleased that I noticed this site , just the right information that I was searching for! .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*