Pesona Tebing Karang dan Keindahan Pantai Kelingking Nusa Penida

Lokasi wisata di Bali, bukan hanya di Pantai Kuta, Tanah Lot, Ubud, Danau Batur, Bedugul atau Jimbaran, tapi Bali menyimpan berbagai spot wisata yang menarik lagi, salah satunya adalah Pulau Nusa Penida. Nusa Penida merupakan pulau yang terletak di sebelah tenggara Bali. Secara administratif Nusa Penida berada di bawah Kabupaten Klungkung.

Lokasi dari Pantai Keliingking di Peta

Untuk menuju ke Nusa Penida hanya membutuhkan waktu sekitar 45 menit dengan speed boat dari Pantai Sanur. Kondisi alam Nusa Penida masih murni dan memiliki pemandangan memukau yang berupa pantai tenang berpasir putih, gua kapur, tebing karang hingga formasi karst di tepian laut.

Tampak Karang dan Pantai Kelingking dari Atas Tebing

Salah satu objek yang memukau adalah Pantai Kelingking atau Kelingking Secret Point. Pantai Kelingking terletak di Dusun Karang Dawa, Desa Bunga Mekar, Nusa Penida bagian barat. Dari pelabuhan Nusa Penida hanya berjarak 25 km atau sekitar 45 menit dengan kendaraan motor. Infrastuktur seperti angkutan umum di Nusa Penida belum memadai.

Pemadangan Bukit Karang di Sisi Barat Pantai Kelingking

Dari Kelingking Secret Point, pengujung dapat melihat pemandangan lautan lepas yang biru dan hamparan pasir pantai yang bisa dilihat dari ketinggian tebing. Di Kelingking Secret Point, terdapat spot yang terkenal untuk diving yakni Manta Point. Di kedalaman bawah laut Manta Point ini pengunjung dapat menyelam dan menyaksikan ikan Manta berenang bebas. Ini menjadi daya tarik tersendiri dan menjadikan Manta Point di Kelingking Secret Point. Banyak wisatawan mancanegara yang menikmati serunya berenang bersama puluhan ekor ikan Manta yang langka.

Deburan Ombak  Menerjang Pantai Kelingking

Untuk menuju ke bibir pantai dari atas tebing diperlukan waktu selama satu jam. Akses yang ditempuh menuruni tebing sepanjang 150 meter. Pasir Pantai Kelingking halus warna putih. Di sekitar lokasi dari Kelingking Secret Point belum ada sarana pendukung seperti penginapan, rumah makan, toilet, dan sebagainya. Bagi wisatawan yang menuju ke lokasi harus menyiapkan kebutuhannya sendiri.

Yohan/Journalist/BD
Editor : Lenny Ambarita
Image : Dewi Lili/BD

 

 

One comment

  1. Appceriation for this information is over 9000-thank you!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*