Kualitas Oksigen Terbaik di Dunia, Pulau Giliyang Menjadi Lokasi Wisata Kesehatan,

(Berita Daerah – Jawa) Kabupaten Sumenep mempunyai kawasan atau daerah wisata yang cukup menarik, seperti Pulau Giligenting yang sudah menjadi andalan bagi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep. Daerah ini memiliki daya tarik keindahan pantainya yang mempesona. Selain Pulau Giligenting, ada juga Pulau Giliyang juga tidak kalah menariknya, yakni daya tarik sebagai wisata kesehatan,  yaitu pulau yang punya kadar oksigen yang sangat baik.

Berdasarkan hasil penelitian LAPAN pada tahun 2006, kadar oksigen berkisar 3,4 persen hingga 4,8 persen diatas normal. Bahkan pada tahun 2016, penelitian serupa dilakukan Badan Lingkungan Hidup (BLH) Sumenep. Hasilnya, Kandungan oksigen Pulau Giliyang diatas rata-rata wilayah lainya, yakni 21 persen, demikian yang disampaikan kepada Beritadaerah.co.id, Senin(26/6). Setelah Yordania, maka Pulau Giliyang adalah pulau dengan kadar oksigen terbaik dunia. Itulah yang membuat pulau ini mempunyai nilai tambah dari yang lain dan perlu didukung oleh pemerintah.

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya juga mengatakan bahwa masih banyak yang belum mengetahui keunikan pulau ini. Oleh sebab itu, Menpar mengajak para wisatawan mancanegara (wisman) untuk menghirup oksigen terbaik di Kabupaten ini. Sejak 2 tahun lalu, Kabag Humas Pemkab Sumenep Abdul Kadir juga sudah mencanangkan Pulau Giliyang ini sebagai obyek wisata kesehatan. Pemkab Sumenep terus konsentrasi  pembangunan infrastruktur untuk menambah fasilitas ke daerah ini.

Sampai saat ini, Pemkab telah mencanangkan Visit Sumenep 2018, dan Pulau Giliyang ini menjadi tempat wisata yang dipasarkan juga. Infrastruktur menjadi hal yang utama yang harus terus dibangun. Bahkan pembangunan di kabupaten ini dikategorikan yang paling pesat dibandingkan pulau-pulau lain yang juga menjadi kawasan wisata. Bahkan untuk homestay di rumah penduduk pun sudah dipersiapkan. Jadi tinggal melakukan promo besar-besaran, agar dapat dikenal.

Adapun konsep Pulau Giliyang sangat tepat untuk wisata keluarga, akses menuju Pulau Giliyang tidak sulit bahkan tidak memerlukan biaya atau budget yang besar.  Pengunjung dapat langsung ke Pelabuhan Dungkek. Besarnya tarif menuju lokasi ini sebesar Rp 20 ribu saja. Lalu dari pelabuhan ini menuju Pulau Giliyang hanya menggunakan perahu motor milik dari nelayan, tarif per orang sebesar Rp 15 ribu saja.

Sementara, kalau bicara mengenai keamanan, khususnya bagi pengunjung yang mengunakan kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat sudah terjamin, yakni dengan menitipkannya di rumah warga yang berada di Pelabuhan Dungkek, juga dekat dengan Mapolsek Dungkek.

Ini merupakan suatu modal bagi Kabupaten Sumenep dalam memacu peningkatan ataupun pertumbuhan perekonomian daerah dengan memajukan pariwisata, yang memiliki daya tarik tersendiri. Sehingga nantinya dapat menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar karena dapat dilibatkan pada sektor penunjang pariwisata.

Lea/Jurnalist/BD
Editor : Lenny Ambarita
Image : Kemenpar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*