Ikan tangkap di Pulau Nias (Photo: Elfi/BD)

Festival Ikan Nusantara 2017 Digelar Sambut HUT Kemerdekaan RI

(Berita Daerah – Nasional) Dalam mengajak masyarakat meningkatkan konsumsi ikan yang membuat tubuh sehat, kuat, dan cerdas dan juga menyambut perayaan 72 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia, pemerintah akan menggelar Festival Ikan dan Lomba Masak Ikan Nusantara mulai 1-17 Agustus 2017.

Kegiatan ini merupakan kerja sama Kementerian Kesehatan, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Pariwisata, Kementerian Sekretariat Negara, dan Kantor Staf Presiden. Yang unik dan menarik dari acara ini adalah hadiah utama berupa kesempatan langsung memasak ikan untuk Presiden Jokowi para peringatan HUT Kemerdekaan, 17 Agustus 2017.

“Acara ini merupakan bagian dari upaya pemerintah dan masyarakat meningkatkan konsumsi protein dari ikan, yang merupakan bagian dari Gerakan Masyarakat Hidup Sehat atau Germas,” kata Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki.

Presiden RI Joko Widodo, yang didampingi Menteri Kesehatan Nila F. Moeloek, dalam kunjungannya ke daerah-daerah di Indonesia menemukan 70 persen ibu hamil di daerah Indonesia Timur menderita anemia serta kekurangan gizi dan protein. Sementara Indonesia adalah negara yang kaya akan hasil laut dan ikan yang merupakan salah satu sumber utama protein, vitamin, dan mineral yang dapat dimanfaatkan.

Karena itu, Presiden Joko Widodo segera mengeluarkan Instruksi Presiden No.1 Tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat.

“Kenapa ikan? Karena kita ingin memperbaiki gizi masyarakat, dan ikan merupakan sumber protein yang kaya serta mudah didapat,” kata Teten.

Pemerintah menargetkan konsumsi makan ikan masyarakat Indonesia menjadi rata-rata 54 kg per kapita per tahun pada 2019. Tingkat konsumsi ikan masih terbilang rendah, rata-rata baru mencapai 41 kg per kapita per tahun.

Meski mengalami kenaikan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya di 37-38 kg per kapita per tahun, tingkat konsumsi ikan di Indonesia kalah jauh dengan negara tetangga seperti Malaysia yang 70 kg per kapita/tahun, Singapura 80 kg per kapita/tahun, bahkan kalah telak dengan Jepang yang mendekati 100 kg per kapita per tahun. Padahal 70 persen luas Indonesia adalah air, yang di dalamnya banyak terdapat ikan asli nusantara.

Nanie/Journalist/BD
Editor : Lenny Ambarita
Image : BD

4 comments

  1. hacker un compte facebook gratuit

  2. fx0EeW or maybe guest writing a blog post or vice-versa? My website goes

  3. What’s Taking place i’m new to this, I stumbled upon this I’ve discovered It positively helpful and it has helped me out loads. I hope to contribute & help other users like its helped me. Great job.

  4. this video clip exactly manufactured me need to have in direction of transfer out of manayunk.wow.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*