Gubernur Kepri Lakukan Pembahasan dengan Menko Maritim Guna Pemulihan Ekonomi

(Berita Daerah – Sumatera) Pemerintah Pusat memberikan perhatian khusus bagi Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) atas kemorosotan ekonomi yang sedang melanda. Oleh sebab itu, perlu upaya untuk pemulihan bagi perekonomian daerah Kepri.

Mengutip dari laman kepriprov.go.id, Rabu (5/7), Gubernur Provinsi Kepri  H Nurdin Basirun mengatakan bahwa Kepri menerima undangan Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan untuk membahas secara tertutup bersama dengan Menteri PAN dan Reformasi Birokrasi, Asman Abnur.

Pembicaraan antara Luhut, Asman dan Nurdin membahas beberapa langkah-langkah yang tepat, setelah dilakukannya pembicaraan dengan menteri terkait. Salah satu yang dibahas diantaranya kawasan Ekonomi Khusus (KEK) untuk Bintan Karimun. Sementara, untuk Natuna, Anambas, dan Lingga, Nurdin meminta agar segera diberikan KEK Pariwisata.

Dengan dibentuknya KEK di daerah-daerah tersebut akan mendorong dan memicu pergerakan ekonomi yang cepat. Gubernur fokuskan keunggulan tiap daerah sehingga dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin.  Jadi jangan hanya bertumpu pada satu sektor dan satu daerah saja.

Karena jika ada satu sektor yang mengalami penurunan yang cukup drastis, nantinya akan sangat berdampak pada ekonomi secara menyeluruh di Kepri. Maka Nurdin telah mengajukan usulan pemanfaatan keunggulan tiap kabupaten kota.

Menteri Asman, pada kesempatan ini, selaku Menteri dari Kepri memberikan sejumlah usulan konkrit agar pemulihan ekonomi berlangsung segera. Seperti yang dikatakan oleh sejumlah pengusaha Kepri mengenai lesunya perekonomian di Kepri.

Luhut yang mendapatkan amanah dari pusat untuk serius  membicarakan upaya pemulihan perekonomian Kepri dan melibatkan Gubernur Nurdin agar usulan-usulannya dapat disampaikan. Sementara Pusat akan mendukung atas langkah terbaik yang diambil Gubernur, karena langkah-langkah tersebut akan memberi pemasukan bagi negara.

Labuh jangkar menjadi salah satu sektor maritim yang mendapat perhatian. Menurut Nurdin, dalam pertemuan itu, sektor maritim juga menjadi pembahasan serius. Karena banyak yang belum digarap maksimal.

Di akhir Maret lalu, saat rapat terbatas dengan Presiden Jokowi menyatakan agar Kepri memberi konsetrasi penuh terhadap pengembangan setiap pulau. Harus ada konsentrasi pengembangan gugus pulau besar seperti Anambas, Natuna, Lingga, Karimun, Bintan, Batam dan Tanjungpinang.

Tentang konsentrasi pengembangan gugus pulau, Presiden mencontohkan Kepulauan Natuna bisa difokuskan pada sentra industri kelautan dan perikanan serta migas. Contoh lain, Presiden sampaikan gugus pulau lain seperti Karimun bisa dikembangkan menjadi sentra industri manufaktur.

Lea/Jurnalist/BD
Editor : Lenny Ambarita
Image : Kepriprov

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*