Kaltara Lahirkan Inovasi Guna Dukung Kinerja FIshfinder Melalui Smart Fishery

(Berita Daerah – Kalimantan)  Salah satu perangkat yakni Fishfinder dan Global Position System (GPS), yang dipakai oleh sebagian nelayan di Kalimantan Utara (Kaltara) yang diberikan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltara melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP). Perangkat ini untuk mendukung para nelayan dalam usaha penangkapan ikan.

Aplikasi ini diberi nama Smart Fishery, suatu inovasi sistem navigasi nelayan berbasis teknologi informasi penginderaan jauh yang memang telah dikembangkan PT Media Rekayasa Lintas.  Fishfinder atau Netsonde adalah alat dengan frekuensi tinggi yang digunakan untuk mencari kumpulan ikan dengan menggunakan gelombang suara sehingga dapat melihat benda di bawah air. Adapun caranya adalah dengan mentransmisikan gelombang suara ke dasar laut dan menerima gema dari dasar laut tersebut atau intervensi dari kumpulan ikan.

Melalui ini, dapat memberikan lokasi yang lebih luas terkait keberadaan kumpulan ikan, sehingga nelayan pun dapat memaksimalkan pencarian ikannya di laut. Sementara kalau Smart Fishery, lebih mengandalkan penginderaan jauh untuk memetakan potensi penangkapan ikan. Aplikasi ini membutuhkan jaringan internet dalam pengoperasianya, serta ponsel (telepon seluler).

Mengutip dari laman kaltaraprov.go.id,  Jumat (7/7),  Kepala DKP Provinsi Kaltara H Amir Bakri mengatakan bahwa adanya kedua perangkat ini telah ada maka hasil tangkapan ikan nelayan akan mengalami peningkatan, yang akhirnya dapat mempengaruhi perbaikan kesejahteraan nelayan di Kaltara.

Pemprov Kaltara telah menyalurkan bantuan kepada nelayan yakni berupa 40 fishfinder kepada 40 nelayan, dan 100 lagi berupa GPS.  Smart Fishery maupun FIshfinder sudah dapat digunakan oleh nelayan kecil hingga 10 GT (Gross Tonage) ke atas. Dalam penerapan Smart Fishery, karena anggaran terbatas, maka DKP hanya dapat membangun sub command center (SCC) di tiga lokasi. SCC masih dapat membantu bagi masyarakat untuk teknologi ini, nelayan akan melihat langsung infrmasi aplikasi Smart Fishery sebagai acuan bagi mereka untuk melaut.

Kedepannya, setelah mendapatkan manfaat informasi yang disampaikan lewat SCC tersebut, nelayan dapat membeli tablet atau ponsel pintar yang punya aplikasi Smart Fishery, sehingga hasil tangkapan ikan nelayan akan meningkat pesat.

Lea/Jurnalist/BD
Editor : Lenny Ambarita
Image : Kaltaraprov

One comment

  1. Greetings from Colorado! I’m bored to tears at work so I decided to check out your site on my iphone during lunch break. I enjoy the info you provide here and can’t wait to take a look when I get home. I’m amazed at how fast your blog loaded on my cell phone .. I’m not even using WIFI, just 3G .. Anyhow, amazing site!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*