Gubernur DKI Jakarta Optimistis Juni 2018 MRT Sudah Beroperasi

(Berita Daerah – Jakarta) Sejumlah proyek strategis berupa pembangunan infrastruktur terus dilakukan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mengemukakan, ada 8 proyek strategis nasional yang terkait dengan tanggung jawab DKI, yang bekerja sama dengan pemerintah pusat. Hal tersebut disampaikan Djarot saat mengikuti Rapat Terbatas yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo, di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (11/7) petang.

“Yang mendapatkan perhatian dari Presiden adalah transportasi,” kata Djarot yang dikutip laman setkab.go.id, Selasa (11/7). 

Kereta cepat massal atau Mass Rapid Transport (MRT), jelas Djarot, diharapkan 2018 itu seluruh jalan-jalan sudah bersih semua. Kalau bisa bulan Juni bersih semua. Gubernur DKI Jakarta itu mengaku sudah menyampikan bersih semua, dan pada bulan Juli itu sudah bisa difungsikan untuk MRT.

Kemudian untuk Light Rail Transit (LRT), menurut Djarot, Presiden menginginkan untuk ada koneksi antara MRT, LRT, commuter line, dan BRT Trans Jakarta.

“Kami memang sudah rancang supaya ada sistem integrasi itu, terutama antara yang kita sudah bangun, LRT yang Kelapa Gading–Rawa Mangun, sedangkan pemerintah pusat akan membangun LRT di kawasan Jabodetabek, supaya itu terintegrasi,” terang Djarot.

Menurut Djarot, MRT tahun ini selesai progresnya 90%. Sekarang sudah 70 sekian persen, 74 koma sekian persen. Diharapkan, Desember tahun ini sudah 90%.

Diakui Gubernur DKI itu ada kendala sedikit untuk MRT itu masalah pembebasan lahan yang kemarin di PTUN, kemudian dimenangkan sebagian oleh penggugat. Djarot ungkapkan bahwa tapi kami banding, ya, itu yang di Jalan Haji Nawi, tapi yang bawah sudah selesai semua. Adapun mengenai progres untuk pembangunan venue yang terkait dengan Asian Games, menurut Djarot, semuanya masih on schedule.

Sedangkan mengenai pembangunan jalur ke Tanjung Priok, Gubernur DKI Jakarta itu mengaku dari 6 ruas jalan tol, yang baru dibangun satu.

“Tentang masalah ini, masalah pembebasan lahan itu tanggung jawab dari pemerintah pusat. Sedangkan untuk membangun jalan arterinya itu kami,”  terang Djarot seraya menambahkan, sekarang masih dibangun di jalur Zona A.

Yohan/Jurnalist/BD
Editor : Lenny Ambarita
Image : Setkab

3 comments

  1. all the time i used to read smaller content which as well clear their motive, and that is also
    happening with this article which I am reading now.

  2. Hi there, i read your blog occasionally and i own a similar one and i was just curious if you get a lot of spam responses? If so how do you reduce it, any plugin or anything you can recommend? I get so much lately it’s driving me mad so any support is very much appreciated.

  3. Hey there! This is my very first comment on your website so I simply wanted to give a quick hello and say I genuinely enjoy reading through your articles. Can you recommend any other blogs which cover Arvind Pandit Kansas? I am likewise extremely fascinated by this thing! Thank you!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*