Gubernur DKI Jakarta Optimistis Juni 2018 MRT Sudah Beroperasi

(Berita Daerah – Jakarta) Sejumlah proyek strategis berupa pembangunan infrastruktur terus dilakukan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mengemukakan, ada 8 proyek strategis nasional yang terkait dengan tanggung jawab DKI, yang bekerja sama dengan pemerintah pusat. Hal tersebut disampaikan Djarot saat mengikuti Rapat Terbatas yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo, di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (11/7) petang.

“Yang mendapatkan perhatian dari Presiden adalah transportasi,” kata Djarot yang dikutip laman setkab.go.id, Selasa (11/7). 

Kereta cepat massal atau Mass Rapid Transport (MRT), jelas Djarot, diharapkan 2018 itu seluruh jalan-jalan sudah bersih semua. Kalau bisa bulan Juni bersih semua. Gubernur DKI Jakarta itu mengaku sudah menyampikan bersih semua, dan pada bulan Juli itu sudah bisa difungsikan untuk MRT.

Kemudian untuk Light Rail Transit (LRT), menurut Djarot, Presiden menginginkan untuk ada koneksi antara MRT, LRT, commuter line, dan BRT Trans Jakarta.

“Kami memang sudah rancang supaya ada sistem integrasi itu, terutama antara yang kita sudah bangun, LRT yang Kelapa Gading–Rawa Mangun, sedangkan pemerintah pusat akan membangun LRT di kawasan Jabodetabek, supaya itu terintegrasi,” terang Djarot.

Menurut Djarot, MRT tahun ini selesai progresnya 90%. Sekarang sudah 70 sekian persen, 74 koma sekian persen. Diharapkan, Desember tahun ini sudah 90%.

Diakui Gubernur DKI itu ada kendala sedikit untuk MRT itu masalah pembebasan lahan yang kemarin di PTUN, kemudian dimenangkan sebagian oleh penggugat. Djarot ungkapkan bahwa tapi kami banding, ya, itu yang di Jalan Haji Nawi, tapi yang bawah sudah selesai semua. Adapun mengenai progres untuk pembangunan venue yang terkait dengan Asian Games, menurut Djarot, semuanya masih on schedule.

Sedangkan mengenai pembangunan jalur ke Tanjung Priok, Gubernur DKI Jakarta itu mengaku dari 6 ruas jalan tol, yang baru dibangun satu.

“Tentang masalah ini, masalah pembebasan lahan itu tanggung jawab dari pemerintah pusat. Sedangkan untuk membangun jalan arterinya itu kami,”  terang Djarot seraya menambahkan, sekarang masih dibangun di jalur Zona A.

Yohan/Jurnalist/BD
Editor : Lenny Ambarita
Image : Setkab

4 comments

  1. Hello my friend! I wish to say that this article is amazing, nice written and include approximately all significant infos. I’d like to see more posts like this.

  2. I’m actually enjoying the theme/design of your internet site. Do you run into any browser interface problems? A lot of the blog audience have lamented concerning my ig marketing website not operating the right way in Internet Explorer yet appears awesome in Opera. Have you got any advice to aid correct this issue?

  3. What’s Happening i’m new to this, I stumbled upon this I have discovered It absolutely useful and it has helped me out loads. I’m hoping to give a contribution & aid other customers like its aided me. Great job.

  4. Good web site! I truly love how it is simple on my eyes and the data are well written. I am wondering how I might be notified whenever a new post has been made. I have subscribed to your feed which must do the trick! Have a great day!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*