Industri Baja Nasional Tambah Kapasitas Produksi Untuk Perkuat Daya Saing

(Beritadaerah – Nasional) Dalam upaya memenuhi kebutuhan bahan baku di dalam negeri, Industri baja nasional melakukan penambahan kapasitas produksi guna memperkokoh posisi daya saingnya, dengan membuka pabrik baru.

Hal tersebut ditandai dengan beroperasinya PT Krakatau Osaka Steel (KOS), perusahaan patungan PT Krakatau Steel (Persero) Tbk. dan Osaka Steel Co. Ltd.

“KOS diharapkan mampu mengisi kekurangan suplai baja dalam negeri untuk memenuhi permintaan domestik yang semakin bertambah sekaligus menstimulasi industri bahan baku di Indonesia,” kata Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto pada saat melakukan Peresmian Pabrik PT Krakatau Osaka Steel di Cilegon, Banten, Kamis (20/7).

Menurut Airlangga, proyek KOS yang memiliki total nilai investasi sebesar USD220 juta tersebut merupakan generasi lanjutan dari pabrik baja long bar, dan akan menghasilkan baja tulangan, baja profil, baja C (channel), dan flat bar bagi kebutuhan proyek infrastruktur dan industri otomotif dengan kapasitas 500 ribu ton per tahun.

Jumlah kapasitas KOS tersebut akan mendukung target produksi nasional hingga 10 juta ton baja pada tahun 2020. “Target ini hanya bisa tercapai apabila kita menaruh perhatian penuh pada pembangunan teknologi dan mendorong investasi baru di sektor ini,” ujarnya.

Menperin berharap, perusahaan yang berdiri di atas lahan seluas 21 hektare dengan target menyerap tenaga kerja sebanyak 140 orang ini terlibat dalam program pendidikan vokasi model link and match antara SMK dengan industri.

Nanie/Journalist/BD
Editor : Lenny Ambarita                                                                                                                                                      Image: Kominfo

One comment

  1. I have been surfing online more than 3 hours today, yet I never found any interesting article like yours.
    It is pretty worth enough for me. Personally, if all site
    owners and bloggers made good content as you did, the web will be a lot more
    useful than ever before.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*