Kampung Berkelir Tangerang (Sumber: Kominfo)

Kampung Bekelir, Daya Tarik Wisata Kota Tangerang

(Beritadaerah – Nasional) Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang dalam rangka  mensejahterakan masyarakat, memiliki konsep “Kota Layak Dikunjungi”. Konsep yang terus dikembangkan ini  secara perlahan mulai menampakkan hasil.

Dengan mandiri masyarakat bersama dengan pihak swasta mulai mengembangkan konsep “Kampung Wisata” yang menonjolkan kekhasan masing-masing, mulai dari Kampung Anak di Larangan Utara, Kampung Warna-Warni di Kelurahan Tanah Tinggi, dan yang masih hangat “Kampung Bekelir” yang berada di RW 01 Kelurahan Babakan Kota Tangerang.

Kampung Bekelir mengusung konsep heterogenitas masyarakat Tangerang yang diwujudkan dalam harmonisasi warna yang menghiasi tembok rumah warga yang berada persis di pinggir kali Cisadane, yang menjadi sumber penghidupan masyarakat Kota Tangerang. Konsep Kampung Bekelir diinisiasi oleh berbagai lapisan masyarakat mulai dari seniman, budayawan dan juga wartawan, ulama bahkan LSM.

Walikota Tangerang  Arief R. Wismansyah yang membuka langsung acara tersebut menyampaikan apresiasinya kepada seluruh lapisan masyarakat yang terlibat. “Ini contoh ide yang dibuat menjadi kongkret, dan ini patut diapresiasi, dan mudah-mudahan menjadi destinasi wisata baru di kota Tangerang,” ujarnya, Minggu (30/7).

“Mudah-mudahan ini juga bisa menginspirasi kampung-kampung lain untuk bergerak. Sehingga kedepannya ada 1.000 kampung wisata dengan ciri khasnya masing-masing,” jelasnya.

Walikota juga menegaskan kembali tekadnya untuk mensejahterakan masyarakat melalui pengembangan “Kampung Wisata”. Inisiasi ini perlu kita apresiasi, karena ini bukan suatu hal yang sederhana, kita punya cita-cita besar bagiamana memajukan meningkatkan kesejahteraan masyarakat termasuk perekonomian. Walikota mengajak seluruh masyarakat Kota Tangerang untuk menggali berbagai potensi yang ada di lingkungannya masing-masing, sehingga ada nilai jual yang bisa menjadi daya tarik masyarakat luar untuk datang ke Kota Tangerang. “Terlebih kita punya Bandara Internasional Soekarno Hatta,” tegasnya.

“Maka yang ingin kita bangun disini lewat Kampung Bekelir, kita ingin memunculkan kekayaan budaya lokal menjadi potensi untuk kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Sementara itu, Syukron Ketua Penyelenggara menyampaikan Kampung Bekelir mengusung konsep Kampung Wisata yang menonjolkan kekhasan budaya Tangerang yang tersaji melalui mural, grafiti dan lukisan yang menghiasi 300 rumah yang ada di RW 03 Babakan. “Kami berharap pengecatan 300 rumah tersebut selesai di tanggal 16 Agustus,” paparnya.

Communication Manager Project Kampung Bekelir Andika Panduwinata mengatakan, warga sekitar bersama para seniman dari berbagai daerah, dan sejumlah negara terlibat dalam kegiatan melukis atau membuat mural.

Nanie/Jurnalist/BD
Editor : Lenny Ambarita
Image : kominfo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*