Kemendag Gelar Kompetisi Good Design Indonesia Untuk Dorong Produk Ekspor Berbasis Desain

(Beritadaerah – Nasional) Kementerian Perdagangan melalui Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) menggelar Good Design Indonesia (GDI) yaitu kompetisi produk ekspor berbasis desain. Kompetisi ini merupakan dukungan nyata Kemendag dalam memotivasi dan mendorong para pelaku usaha untuk mengembangkan produk Indonesia yang berorientasi desain di pasar global. Hal ini disampaikan Direktur Jenderal PEN Arlinda.

“Melalui GDI diharapkan dapat mendorong peningkatan kualitas produk ekspor tanah air dan menggaungkan kualitas desain Indonesia ke mancanegara,” jelas Arlinda. GDI merupakan bagian program kegiatan dari Indonesia Design Development Centre (IDDC) yang terlaksana atas kerja sama Ditjen PEN dengan Japan Institute of Design Promotion (JDP).

Arlinda mengajak para pelaku usaha dan desainer tanah air untuk berpartisipasi dalam kompetisi GDI. “Dengan berpartisipasi dalam kompetisi ini, para pengusaha dan desainer sekaligus dapat mempromosikan produk mereka. GDI juga dapat menjadi gerbang untuk masuk ke tatanan desain internasional dan meraih pengakuan global,” imbau Arlinda.

Arlinda menjelaskan bahwa pendaftaran bisa dilakukan secara online mulai 8 Agustus sampai 8 September 2017 dengan mengakses situs http://iddc.kemendag.go.id/gdi atau http://iddesignmark.org. Program GDI terbuka bagi perusahaan dan desainer yang akan mendaftarkan produknya dengan ketentuan memenuhi dua dari tiga syarat utama, yaitu produknya didesain oleh desainer Indonesia, dibuat di Indonesia, dan atau dijual di Indonesia.

Produk yang didaftarkan harus sudah beredar di pasar mulai tahun 2015 atau akan diedarkan paling lambat 1 April 2018. Tahun ini GDI akan melakukan penjurian terhadap enam kategori produk, yaitu transportasi, home decor dan furnitur, elektronik, peralatan rumah tangga dan kantor, aksesori dan gaya hidup, serta grafis dan kemasan.

Dari hasil seleksi, pemenang terpilih nantinya dapat menggunakan simbol GDI sebagai pengakuan terhadap contoh desain yang baik. Selain itu, para pemenang juga memperoleh kesempatan untuk langsung lolos ke tahap ke-2 seleksi Good Design Award tahun 2018 untuk berkompetisi mendapatkan “G-mark”. GDI merupakan adaptasi dari
model seleksi desain “G-Mark” Jepang yang telah dikenal dengan baik secara global.

“GDI diharapkan dapat membuat produk Indonesia berbasis desain semakin dikenal masyarakat maupun dunia internasional, serta memacu pengembangan produk di masa depan sehingga nantinya dapat meningkatkan pertumbuhan ekspor Indonesia,” pungkas Arlinda.

Nanie/Jurnalist/BD
Editor :Emy T
Source: kemendag/kominfo

3 comments

  1. You are a very capable individual!

  2. There is apparently a bundle to realize about this. I think you made some good points in features also.

  3. I have been browsing online more than three hours today, yet I never found any interesting article like yours. It is pretty worth enough for me. In my view, if all website owners and bloggers made good content as you did, the web will be much more useful than ever before.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*