Banten Ingin Memajukan Sektor Ekonomi

(Berita Daerah-Banten) Gubernur Banten H. Wahidin Halim berambisi akan mengimbangi DKI Jakarta untuk meraih kemajuan dalam bidang ekonomi dan bahkan kalau bisa mengalahkan DKI Jakarta.
“Jakarta nanti tergantung kepada Banten dalam berbagai hal mulai dari suply bahan pokok dan berbagai keperluan lainnya,” ujar Wahidin Halim, Kamis (16/11/2017).
Hal itu diungkapkan oleh Gubernur Banten saat meresmikan Banten Expo 2017 di Indonesia Convention Exhition (ICE), Bumi Serpong Damai (BSD), Kabupaten Tangerang, Banten. Kegiatan Banten Expo 2017 ini masih dalam peryaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-17 Provinsi Banten.
Wahidin mengatakan dari Banten banyak menghasilkan mulai dari produksi pertanian beras, jagung, dan kedelai. Bahkan sekarang ini ada salak, manggis. “Yang lebih potensi adalah ikan yang selama ini dari Bayah, Kabupaten Lebak, dibawa ke Sulawesi . Di sana diolah dan kemudian dibawa ke Jakarta dijual dengan harga yang lebih tinggi,” ungkap Wahidin.
Khusus ikan, kata Wahidin, akan diupayakan untuk diolah di Banten sehingga akan mendapatkan harga lebih tinggi. Begitu juga beras, Banten produksi beras berlimpah selama dibawa ke Karawang, Jawa Barat, lalu dijual ke Jakarta.
“Hal ini baik pengolahan ikan dan beras akan dilakukan di Banten baru dijual ke Jakarta atau daerah lain agar mendapat nilai lebih. Pengolahan ikan telah dilakukan kerjasama agar dapat dilakukan Banten dan tidak perlu dibawa ke Sulawesi,” tutur Wahidin yang akrab disapa WH tersebut.
Dengan mendapat nilai lebih, kata WH, pendapat petani dan Provinsi Banten akan ikut meningkat ketimbang mengirim dan menjual dalam bentuk bahan mentah. Dengan demikian, pertumbuhan ekonomi Banten akan maju pesat.
Wahidin mengatakan pertumbuhan ekonomi secara nasional sekarang ini 5,16 persen dan pertumbuhan ekonomi Banten sudah di atas secara nasional yakni hampir 6 persen. Meskinpun begitu, Provinsi Banten mengundang investor untuk menanamkan modalnya.
“Silakan datang ke Banten untuk berinvestasi baik di bidang pertanian, perikanan, dan industri. Saya beri kemudahan pelayanan bagi investor demi mengejar ketinggalan,” ucap WH.
Ingat, kata Wahidin, sarana penunjang di Banten sangat banyak  mulai dari Bandara Soekarno Hatta, Pelabuhan Merak, dan infrastruktur dari pelabuhan Merak ke Jakarta.Hamparan pantai yang luas 576 kilometer bisa jadikan untuk investasi wisata.
Sementara itu, kegiatan Banten Expo 2017 berlangsung selama tiga hari yakni mulai dari 16 sampai 18 November 2017 dengan membuka 107 stand. Kegiatan Banten Expo 2017 mengambil dua hall yakni pada hall 9-10. Peserta kegiatan Banten Expo 2017 dari kalangan bisnis, Pemerintah Daerah seperti Jawa Timur, Pemerintah Kabupaten dan Kota yang ada di Banten.
Selain pameran, juga dilakukan diskusi publik berkaitan dengan perdagangan dan bisnis. Dari pantauan di lokasi sejumlah perbankan ikut pameran mulai dari Banten Mandiri, Bank BJB, dan Bank Banten.
Joeycool/Journalis/BD
Editor: Joseph
Image :Pemprov

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*