Bali Siap Laksanakan Imunisasi Japanese Encephalitis (JE) di Tahun 2018

(Berita Daerah-Denpasar)Japanese Encephalitis (JE) adalah suatu penyakit yang dapat menyebabkan peradangan otak pada hewan dan manusia. Japanese Encephalitis (JE) merupakan penyebab utama infeksi virus neurologis dan cacat pada anak-anak. Pada hewan virus ini biasanya menyerang babi dan burung liar. Penyakit ini disebut arbovirus karena penularannya dari hewan ke manusia melalui gigitan nyamuk, yaitu nyamuk culex.

Gejala yang ditunjukkan dari orang yang terjangkit penyakit ini biasanya berupa gejala yang non-spesifik yaitu sakit kepala, mual, muntah, demam. Dan karena penyakit ini menginfeksi jaringan yang menutup otak dan sumsum tulang belakang biasanya penderita juga mengalami kesulitan untuk menggerakkan lehernya. Kemudian dalam dua atau tiga hari, penderita mulai mengalami efek pembengkakan pada otak. Efek ini dapat berupa gangguan dengan keseimbangan dan koordinasi, kelumpuhan pada beberapa kelompok otot, tremor, kejang, dan gangguan dalam kesadaran.

Petugas Imunisasi di Masing-Masing Kab/Kota Telah diberikan Workshop Terkait Kampanye Imunisasi JE di Tahun 2018

Dalam rangka mencegah dampak dari penyakit yang berbahaya tersebut Tanggal 18 November 2017 Diskes Bali telah melaksanakan workshop Petugas imunisasi dalam rangka introduksi imunisasi Japanese Encephalitis (JE). Dengan workshop tersebut diharapatkan petugas imunisasi di masing-masing Kab/Kota siap untuk memberikan sosialisasi dan pelayanan imunisasi kepada masyarakat terkait Imunisasi JE.

Kampanye Imunisasi dijadwalkan pada Bulan Maret-April Tahun 2018 yang dibagi menjadi 2 Tahap Pelaksanaan yaitu Bulan Maret dilaksanakan di PAUD, TK, SD, SMP Se- Provinsi Bali sedangkan Bulan April di Posyandu, Pustu, Puskesmas, Rumah Sakit dan Pos Pelayanan Imunisasi JE. Yang menjadi sasaran dalam pemberian imunsasi ini adalah anak pada usia 9 Bulan s/d usia kurang dari 15 Tahun.

Diharapakan dengan pemberian imunsasi ini dapat memberikan kekebalan pada anak-anak dari bahaya penyakit Japanese Enchapilitis (JE). Jangan Lupa untuk mengajak buah hati kesayangan anda di Fasilitas Kesehatan terdekat untuk mendapatkan imunsasi JE pada bulan Maret-April 2018.
Joeycool
Editor: Joseph/BD
Image:Pemprov

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*