Menteri Pariwisata Buka Wonderful Sabang & Marine Expo 2017

(Berita Daerah – Sabang) Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya, Jumat (1/12), membuka Wonderful Sabang & Marine Expo 2017 yang berlangsung di Pelabuhan CT-3, Sabang, Aceh. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) ini merupakan satu dari rangkaian kegiatan Sail Sabang 2017 yang bertujuan untuk mempromosikan dan mempublikasikan produk-produk unggulan UKM serta peserta pameran lainnya.

“UKM kita itu sudah 60 juta kurang sedikit, artinya dia lebih dari 99,9 persen dari pelaku usaha di Indonesia,” ujar Menteri Pariwisata Arief Yahya saat membuka pameran yang merupakan rangkaian kegiatan penyelenggaran Sail Sabang 2017. Pameran ini akan berlangsung pada tanggal 1-5 Desember 2017.

UKM di Indonesia, lanjut Arief, menyumbangkan 60% dari Produk Domestik Bruto (PDB) dan menyerap 97% tenaga kerja.

“Peran UKM itu sangat strategis bagi bangsa Indonesia. Boleh dikatakan hampir semua usaha di Indonesia adalah UKM,” kata Menpar mengapresiasi peran UKM.

Mengakhiri sambutannya, Menpar berpesan agar para pelaku UKM dapat melakukan terobosan-terobosan dalam usahanya.

“Yang bisa dilakukan sekarang adalah pengelolaan secara digital,” kata Arief mencontohkan.

Usai melakukan peresmian, Menpar didampingi Wakil Gubernur Aceh Nova Iriansyah dan Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran Kementerian Koperasi dan UKM I Wayan Dipta meninjau stan pameran Wonderful Sabang & Marine Expo 2017 yang diikuti oleh sekitar 166 peserta yang terdiri dari UKM dari berbagai provinsi di Indonesia, usaha perbankan, serta kementerian dan lembaga. Sekretariat Kabinet turut berpartisipasi dalam pameran ini, bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata.

Acara pembukaan Wonderful Sabang & Marine Expo ini antara dihadiri oleh Wakil Gubernur Aceh Nova Iriansyah, Istri Gubernur Aceh Darwati A. Gani, dan Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran Kementerian Koperasi dan UKM I Wayan Dipta. Hadir juga Asisten Deputi Bidang Kepariwisataan, Ristek, dan Lingkungan Maritim Sekretariat Kabinet (Setkab) Arief Khumaidi.

Panda/Journalist/BD
Editor : Agustinus
Image : setkab

One comment

  1. F*ckin’ amazing issues here. I am very happy to peer your article. Thank you a lot and i’m looking forward to contact you. Will you please drop me a e-mail?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*