Presiden Resmikan 4 Fasilitas Baru GBK

(Berita Daerah – Jakarta)Menyambut Asian Games ke-18 yang akan digelar mulai 18 Agustus 2018, kawasan Gelora Bung Karno (GBK) berbenah sejak Agustus 2016 lalu. Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyelesaikan rehabilitasi 4 venue dari 13 venue olahraga di kawasan GBK. Keempat venue tersebut adalah lapangan hoki, lapangan sepak bola ABC, lapangan panahan dan stadion renang (aquatic) diresmikan hari Sabtu siang (2/12) oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Yang paling penting bahwa lingkungan kawasan Senayan menjadi sebuah ruang publik bagi masyarakat,” ucap Presiden Joko Widodo di stadion renang (aquatic) GBK sebagimana rilis resmi dari Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.

Sebelum meresmikan stadion renang (aquatic), Presiden Jokowi terlebih dahulu meresmikan lapangan hoki, lapangan sepak bola A/B/C dan lapangan panahan GBK yang dipusatkan di lapangan hoki. “Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, Lapangan Hoki, Lapangan Panahan dan Lapangan A/B/C di kawasan Gelora Bung Karno saya resmikan,” ucap Presiden.

Presiden memukul bola hoki yang menandakan telah diresmikan lapangan tersebut. Semula lapangan hoki ini merupakan bangunan sederhana, dengan fasilitas ruangan seadanya. Saat ini lapangan hoki beserta bangunannya telah direnovasi menjadi lapangan hoki yang bertaraf internasional. Lapangan hoki ini telah mendapatkan sertifikasi dari international Hockey Federation sehingga layak menjadi tuan rumah penyelenggaraan pertandingan Hoki internasional.

Kegiatan peresmian ini juga dihadiri oleh Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki, Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno dan Ketua INASGOC Erick Thohir.

Menkeu melalui akun instagramnya juga mengungkapkan kebanggaanya terhadap peresmian fasilitas olahraga ini.

“Upacara sangat sederhana dihadiri oleh atlet nasional hoki, panahan, renang, dan sepak bola. Komplek GBK dan seluruh sarana prasarana untuk persiapan Asian Games 2018 menelan biaya APBN Rp6,2 triliun. Uang pajak anda yang telah menjadi fasilitas olah raga berkelas dunia di Jakarta dan Palembang,” ungkapnya melalui akun instagramnya.

Menkeu juga menyebutkan bahwa fasilitas olahraga ini tidak hanya berguna untuk peningkatan prestasi olah raga Indonesia namun juga untuk aktivitas masyarakat yang sehat. Pada akhir tulisannya, Menkeu menyebutkan bahwa renovasi kawasan GBK, merupakan hasil dari uang pajak masyarakat yang berguna bagi pembangunan dan mengakhirinya dengan tagar #UangKita. “Uang pajak anda berguna bagi pembangunan. #UangKita,” pungkasnya.
Joeycool/Journalist/BD
Editor : Joseph
Image : Kemenkeu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*