Sentuh Angka 5,1 Persen, Perekonomian Indonesia Tumbuh Berkualitas

(Berita Daerah – Jakarta) Perekonomian Indonesia pada 2017 tumbuh berkualitas. Terlebih, hal ini terjadi saat perekonomian global mengalami perlambatan.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan pertumbuhan ekonomi dikatakan berkualitas apabila disertai beberapa indikator sosial.

“Paling tidak tingkat kemiskinan turun, tingkat pengangguran turun, gini ratio turun,” ungkapnya saat membuka acara Seminar Nasional Outlook Industri 2018, Senin (11/12), di Hotel Borobudur.

Hadir dalam acara tersebut Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Sekretaris Jenderal Kementerian Perindustrian Haris Munandar, Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia Rosan Roeslani serta pejabat kementerian/lembaga terkait.

Dalam dua tahun terakhir, sambung Darmin, perekonomian Indonesia mampu tumbuh pada kisaran angka 5,1 persen. Pertumbuhan ekonomi ini terhitung cukup tinggi bila dibandingkan negara-negara besar di dunia seperti China dan India.

Dirinya juga menekankan bahwa pemerintah berhasil menjaga stabilitas harga selama tiga tahun belakangan. Ini tercermin dari tingkat inflasi yang terjaga di kisaran 3-3,5 persen.

“Hal tersebut tidak pernah terjadi secara konsekutif atau berturut-turut, bahkan di masa pemerintahan Orde Baru sekalipun. Pada waktu pertumbuhan ekonomi cukup tinggi, lebih tinggi dari sekarang 7-8 persen, pasti tingkat inflasinya double digit,” ujar Menko Perekonomian.

Pemerintah memproyeksikan laju inflasi tahun ini mencapai 3,1 persen. Nilai ini lebih rendah dibandingkan target pemerintah dalam APBN-P 2017 4,3 persen. “Inflasi tahun ini berkisar 3,1 persen. Hingga November, inflasi ada di angka 2,87 persen. Sehingga akhir tahun tidak akan meleset banyak dari 3,1 persen”, tutur Darmin.

Panda/Journalist/BD
Editor : Agustinus
Image : Ekon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*