Festifal Tumpeng Semarakan Hari Jadi Purbalingga KE-187

(Berita Daerah-Purbalingga)Sebanyak 83 Tim yang terdiri dari PKK Kecamatan, Desa / Kelurahan, serta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) mengikuti  Festival Tumpeng, di Depan Eks Perpusda Purbalingga, Sabtu Sore (16/08). Festival Tumpeng merupakan rangkaian kegiatan menyambut Hari Jadi ke-187 Kabupaten Purbalingga.

“Tumpeng juga memliliki filosofi yang begitu bermakna yakni pengharapan yang baik, Kemajuan, perkembangan, kesuksesan dan kesejahteraan,” ungkap Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Purbalingga, Erni Widyawati atau yang kerap disapa Erni Tasdi. Tambahnya, meningkatkan kreativitas dan melestarikan tradisi masyarakat membuat tumpeng.

Dalam festival yang bertemakan menggagas inovasi, melejitkan potensi untuk Purbalingga Sejahtera tersebut peserta diperbolehkan menggunakan 4 kategori pilihan nasi. “Kategorinya yaitu nasi kuning, nasi merah, nasi putih atau kombinasi dari ketiganya,” ungkap Bambang Kendro selaku ketua kegiatan.

Uniknya, tumpeng yang dibuat juga harus memiliki 5 unsur yaitu unsur laut, darat, udara dan tanaman. Kendro menjelaskan unsur laut meliput ikan, udang, cumi dan lainnya,  unsur darat misalnya daging sapi, telur, abon. Sedangkan, unsur udara yaitu ayam, burung, bebek, serta unsur tanaman yaitu sayuran kacang-kacangan, umbi-umbian dan lainnya.

          Peserta juga menggunakan judul tumpeng yang menarik misalnya Tumpeng Tolak Kemiskinan dari Desa Gunungkarang dan Tumpeng Pesona Purbalingga yang menggambarkan landmark yang ada di Purbalingga. Ada juga yang Tumpeng Bukit Mertelu yang mengenalkan salah satu wisata alam dari Desa Sangkanayu, Kecamatan Merbet.

Joeycool/Journalist/BD
Editor : Joseph

Image : Pemprov

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*