Presiden Resmikan KA Bandara Hari Ini (2/1) di Bandara Soekarno- Hatta (Photo: Kemenpar)

Presiden Resmikan KA Bandara Internasional Soekarno – Hatta

(Beritadaerah – Nasional) Gairah pariwisata Indonesia makin berkobar semenjak Pariwisata dijadikan core economy bangsa, seiring dengan semangat Presiden Joko Widodo membangun Indonesia.  Semua sektor pun mensupport pariwisata sebagai salah satu prioritas pembangunan di kabinet kerja, selain infrastruktur, pangan, energi, dan maritim.

Untuk itulah hari ini, Selasa (2/1), Presiden Joko Widodo terjun langsung dan melakukan peresmian KA Bandara. “Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, pagi ini saya resmikan pengoperasian kereta Bandara Soekarno-Hatta,” ujar Joko Widodo.

Turut hadir mendampingi Presiden, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Pariwisata Arief Yahya, Gubernur Banten Wahidin Halim, Dirjen Perkeretaapian Kemenhub Zulkifli, Dirut AP2 Muhammad Awaludin, Dirut PT KAI Edi Sukmoro, dan Dirut Railink Heru Kuswanto.

Presiden mengatakan, peresmian KA Bandara ini juga menunjukkan kerja keras dari berbagai pihak. Utamanya BUMN yang sudah running tiga tahun.

Impact-nya diyakini bakal sangat besar. Ke depan, setelah terintegrasi dengan MRT, LRT, kereta cepat, maka akan banyak masyarakat yang tidak lagi menggunakan mobil pribadi. “Nanti semuanya mau pindah transportasi massal umum yang aman dan nyaman,” ujar Presiden.

Presiden Jokowi, uusai peresmian, mencoba langsung KA Bandara menuju Stasiun Sudirman Baru. Tiba di Stasiun Sudirman , Presiden pun langsung melemparkan pujian untuk kereta bandara.

“Kalau kita lihat keretanya bagus-bagus dan nyaman. Dan Yang paling penting tepat waktu. 55 menit. Sangat cepat,” katanya.

Menpar Arief Yahya melihat, ini sebagai bentuk konkret keseriusan dan komitmen Presiden Joko Widodo dalam membangun pariwisata secara total. Semua lini, semua ruang diorkestrasi untuk memperkokoh fondasi soliditas pariwisata. Jika CEO negara ini sudah mengarahkan haluan ke sektor pariwisata, Menpar makin yakin atmosfer itu akan semakin cepat terwujud.

KA Bandara Internasional Soekarno-Hatta memiliki total 10 rangkaian yang berkapasitas penumpang secara keseluruhan yaitu sekitar 272 orang. Beroperasi dengan rencana operasional yaitu 03.21 sampai dengan 22.51 WIB setiap harinya dengan total 42 perjalanan pp dengan durasi perjalanan yang ditempuh sekitar 55 menit.

Kementerian Perhubungan telah menetapkan dan memberlakukan tarif promo mulai dari 26 Desember 2017 sampai dengan 1 Januari 2018 dengan harga sebesar Rp 30.000. Namun terhitung mulai 2 Januari 2018, akan berlaku tarif sebesar Rp 70.000. Nantinya tarif tersebut berlaku untuk seluruh stasiun yang melayani tujuan Stasiun Bandara Internasional Soekarno-Hatta dengan sistem pembayaran cashless (non tunai).

Untuk tahap awal KA Bandara baru melayani naik turun penumpang dari tiga stasiun yaitu Stasiun Sudirman Baru (BNI City), Stasiun Batu Ceper dan Stasiun Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Nanie/Journalist/BD
Editor : Emy T
Image : Kemenpar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*