Sambut Tahun 2018, Sejumlah Lokasi Wisata Ramai Pengunjung

(Beritadaerah – Nasional) Mengakhiri tahun 2017 dan menyambut awal tahun 2018, sejumlah lokasi wisata di Indonesia dipadati wisatawan. Destinasi wisata yang ramai dikunjungi wisatawan antara lain: Bali, Lombok, Jogja dan Batam.

Kita wajib bersyukur ancaman letusan Gunung Agung Bali sudah mereda, kondisi aman, sehingga Bali tetap menjadi destinasi wisata paling favorit bagi wisatawan. Menjelang tutup tahun, kedatangan wisatawan mancanegara (wisman) dan wisatawan nusantara (wisnus) melalui Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali melonjak tajam. Sebelumnya sempat menurun di bulan November 2017.

General Manajer (GM) PT Angkasa Pura I, Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali Yanus Suprayogi melaporkan kepadatan penumpang terjadi pada 30 Desember 2017, diterminal internasional tercatat sebanyak 83 kedatangan dengan 15.038 pax dan 78 keberangkatan dengan 12.391 pax, sedangkan di terminal domestik sebanyak 126 kedatangan dengan 18.149 pax dan 132 keberangkatan dengan 16.054 pax.

Kedatangan wisatawan menjelang tutup tahun tersebut di antaranya para selebriti dunia, termasuk Pangeran Fahad bin Faisal Al-Saud, yang tiba di Bali pada Kamis (28/12). Pangeran Fahad merayakan liburan akhir tahun di Bali untuk kedua kalinya dan memamerkan kegiatannya melalui instastory di akun Instagram pribadinya @yolofahad. Postingan ini menjadi viral di media sosial.

Meningkatnya kunjungan wisatawan ke Bali yang ingin merayakan liburan akhir tahun mendorong meningkatnya tingkat hunian kamar (okupansi) hotel berbintang di sejumlah destinasi favorit di Bali. Okupansi hotel bintang di kawasan Nusa Dua Bali pada Sabtu (30/12) tercatat mencapai 81,14%, kemudian meningkat menjadi 85,83% pada Minggu (31/12).

Seperti data yang diperoleh dari Crisis Center Kementerian Pariwisata, kunjungan wisatawan ke sejumlah lokasi wisata di Bali terus meningkat. Kunjungan wisatawan di Taman Ujung Karangasem yang pada awal Desember hanya 30-40 orang/hari, namun sejak 23 Desember tercatat 250 orang/hari. Selain itu, jumlah kunjungan wisatawan ke Pura Taman Ayun pun meningkat hampir 6 kali lipat pasca erupsi Gunung Agung, dari sebelumnya 150 menjadi 850 orang per hari.

Lokasi wisata lain yakni DTW Jatiluwih-Tabanan  juga mengalami peningkatan dan kembali normal dari biasanya yang hanya 400 orang per hari kini menjadi 600 orang per hari, sekitar 50% nya adalah Wisman. Selain itu, kunjungan wisatawan ke Pura Besakih pun dinyatakan terus meningkat.

Kabar baik juga datang dari Lombok yang juga sempat terdampak erupsi Gunung Agung. Di Bandara Internasional Lombok terminal Domestik, tercatat 81 penerbangan (40 kedatangan, 41 keberangkatan), sebanyak 4.396 pax dan 4.481 pax.  Sementara, di terminal Internasional, tercatat 6 penerbangan (3 kedatangan, 3 keberangkatan), sebanyak 324 pax dan 397 pax. Seperti di Bali, jumlah kedatangan di Bandara Lombok juga meningkat. Hal ini menjadi pertanda bahwa pariwisata di Lombok dalam kondisi ramai.

Kota besar lain yang juga semarak dalam menyambut tahun baru yakni Jogjakarta. Kehadiran Presiden Joko Widodo yang menghabiskan liburan akhir tahun di Jogjakarta berpengaruh pada antusiasme masyarakat untuk juga berlibur di lokasi yang sama dengan Presiden.

Kota besar berikutnya adalah Batam. Baru- baru ini, Lion Air meresmikan penerbangan Busan-Batam dan Incheon- Batam. “Ini merupakan salah satu bentuk dukungan kami dalam meningkatkan kunjungan wisatawan asing ke Indonesia,” kata Corporate Communication Lion Air Group Ramaditya Handoko.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menyambut baik berita ini. Menurutnya, dengan akses yang semakin mudah maka pertumbuhan pariwisata akan semakin cepat. “Jika kita konsisten, saya yakin Batam is the next Bali itu bisa terwujud.

Nanie/Journalist/BD
Editor : Emy T
Source: Kemenpar                                                                                                                                                                          Image : Ferry Liu/BD

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*