Persawahan di Sulawesi Utara (Photo: BD)

Gerakan Panen Setiap Hari, Petani Tidak Kuatir Kebijakan Impor Beras

(Beritadaerah – Nasional) Kebijakan pemerintah melalui Kementerian Perdagangan (Kemendag) memutuskan importasi beras khusus sebanyak 500.000 ton, tak menyurutkan motivasi para petani untuk memproduksi padi. Untuk itu Kementerian Pertanian (Kementan) berupaya melakukan kegiatan Gerakan Panen Setiap Hari di seluruh Kabupaten di Indonesia.

Kepala Pusat Penyuluhan Pertanian Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian Kementan Siti Munifah mengatakan, guna mewujudkan swasembada pangan dan ketersedian stok beras di Bulog, Kementan berupaya melakukan kegiatan Gerakan Panen Setiap Hari di seluruh Kabupaten di Indonesia. Ia mengimbau petani agar tidak terombang-ambing dengan adanya kebijakan impor beras.

Usai panen padi perdana di Desa Tinggarjaya, Kecamatan Jatilawang, Banyumas, Jawa Tengah, Minggu (14/1), Siti Munifah mengatakan: “Kita bersyukur setiap saat ada panen dan setiap saat juga melakukan pertanaman. Kita tidak perlu terombang-ambing dengan ketetapan bahwa ada impor beras masuk, tapi kita tetap menunjukkan prestasi bahwasanya terbukti hari ini panen dan ada yang memulai tanam”.

Panen perdana di Desa Tinggarjaya merupakan hasil dari sinergi program percepatan tanam yang dilakukan oleh Kementerian Pertanian, Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Jawa Tengah, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan dan Kodim 07/01 Banyumas.

“Ini tentu peran aktif dari Babinsa bersama penyuluh yang menggerakkan masyarakat untuk bisa bersama-sama terus melakukan pertanaman. Kita bisa lihat hari ini, walaupun hujan dan cuaca tidak bagus, tapi di sini tetap ada panen raya seluas 350 hektare,” kata Siti.

Sementara Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Pangan Andriko Noto Susanto mengatakan pihaknya ingin memastikan bahwa percepatan tanam tidak masalah. “Buktinya, kita majukan satu bulan dan (saat) ini panen. Panennya bagus,” ucapnya.

Nanie/Journalist/BD
Editor : Emy T
Source: Kominfo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*