Ilustrasi kamar hotel

BPS Jatim: Tingkat Penghunian Kamar di Jatim Terisi 63,46 Persen per Desember 2017

(Beritadaerah – JawaTimur)  Tingkat Penghunian Kamar (TPK) hotel berbintang di Jawa Timur terisi 63,46 persen atau turun 1,11 poin persen dibandingkan pada November 2017 sebesar 64,57 persen. TPK merupakan salah satu indikator yang dapat merefleksikan tingkat produktivitas usaha jasa akomodasi.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Timur, Teguh Pramono mengatakan, angka TPK ini menunjukkan bahwa pada Desember 2017 dari setiap 100 kamar yang disediakan oleh seluruh hotel berbintang yang ada di Jawa Timur, setiap malamnya sebanyak 63 hingga 64 kamar diantaranya telah terjual.

Sementara Rata-Rata Lama Menginap Tamu (RLMT) untuk hotel bintang pada Desember 2017 adalah 1,69 hari. ”Ini berarti bahwa pada umumnya lama tamu menginap, baik tamu asing maupun Indonesia, di hotel berbintang berkisar antara satu sampai dua hari. Kondisi ini terjadi di selama Desember 2017,” ujarnya Rabu (7/2).

Angka RLMT tamu asing yang berkunjung ke Propinsi Jawa Timur dan menginap di hotel berbintang tercatat 3,94 hari. Hal ini dapat diartikan rata-rata tamu asing yang menginap di hotel berbintang yang ada di Jawa Timur tercatat selama 3 hingga 4 hari. Sedangkan untuk tamu wisatawan Indonesia mempunyai angka RLMT selama 1,63 hari, atau rata-rata lamanya tamu Indonesia yang menginap di hotel berbintang yang ada di Jawa Timur selama 1 hingga 2 hari.

Sementara jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Jawa Timur melalui pintu masuk Bandara Juanda pada Desember 2017 mencapai 22.422 kunjungan. Angka tersebut turun sebesar 5,02 persen dibandingkan dengan bulan sebelumnya yang mencapai 23.607 kunjungan.

Negara asal wisatawan mancanegara terbanyak yang mendominasi kunjungan ke Jawa Timur yaitu Malaysia, Singapura, Tiongkok, Thailand, Taiwan, Amerika, Jepang, India, Korea Selatan, dan Hongkong. Wisatawan mancanegara dari negara-negara tersebut mencakup 61,60 persen dari total kedatangan wisman ke Jawa Timur pada Desember 2017.

Nanie/Journalist/BD
Editor : Emy T
Source: Diskominfo Prov Jatim

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*