Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat Solo, PUPR Siap Dukung Pembangunan Infrastruktur

(Berita Daerah – Solo) Komisi V DPR RI selaku mitra kerja Kementerian PUPR melakukan kunjugan kerja ke Kota Solo, Jawa Tengah dalam rangka meninjau infrastruktur dan transportasi di kota tersebut pada 6 Februari 2018. Kunjungan tersebut di pimpin oleh Sigit Sosiantomo. Pada kesempatan tersebut rombongan mengunjungi Stadion Manahan Kota Solo, Pintu Air Demangan, dan lokasi rencana pembangunan Rumah Khusus Kec. Semanggi.

Stadion Manahan merupakan stadion yang telah dibangun sejak tahun 1989, maka dari itu dibutuhkan renovasi guna memaksimalkan penggunaan stadion tersebut. Saat ini rencana dan pengembangan Stadion Manahan sudah dalam tahap siap lelang, namun masih menunggu Inpres. Pekerjaan yang akan dilakukan meliputi renovasi bangku, track stadion, dan perubahan atap yang tadinya terbuka menjadi tertutup. Sementara pekerjaan rumput dan drainase stadion tersebut sudah memenuhi standar internasional sehingga tidak memerlukan perubahan. Kebutuhan biaya untuk renovasi stadion ini adalah Rp. 227 Miliar dengan masa pelaksanaan selama 2 tahun.

Kunjungan dilanjutkan meninjau Pintu Air Demangan. Seiring dengan tekanan eksternal yang semakin besar menyebabkan run off Kali Pepe dan Sungai Bengawan Solo juga semakin besar. Umur struktur pintu air ini telah mencapai 100 tahun dan kemampuan kinerja pompa lama mulai berkurang. Oleh karena itu, diperlukan upaya untuk mengoptimalisasi pintu air ini melalui pembangunan Pintu Air Demangan Baru di Kota Solo. Pintu Air Demangan Baru nantinya akan meningkatkan kapasitas tampung hingga 300.000 m3. Pintu air ini berjumlah 3 buah dengan kapasitas pompa sebesar 12,5 m3/det yang beroperasi dan 2,5 m3/det yang standby. Pembangunan ini rencananya mulai dilakukan pada 2019 hingga 2020 dengan biaya Rp. 121,6 Miliar. Selain itu pengendali banjir, pintu air ini juga diharapkan mampu menjadi daya tarik wisata.

Untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kota Solo, saat ini sedang dilakukan rencana penataan kawasan kumuh di Kec. Semanggi, Surakarta. Dalam hal ini Kementerian PUPR melalui Ditjen Penyediaan Perumahan c.q Direktorat Rumah Khusus akan mendukung pembangunan rumah khusus di wilayah tersebut. Pekerjaan akan segera dilakukan setelah Pemkot Solo menyelesaikan dokumen UPL.

Panda/Journalist/BD
Editor : Agustinus
Image : PU

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*