Investasi Penting, Guna Mendorong Pertumbuhan Ekonomi dan Komposisi Lebih Merata

(Berita Daerah – Jakarta) Investasi itu penting sekali agar ekonomi Indonesia bisa tumbuh sesuai target dan dengan komposisi pertumbuhan ekonomi lebih merata yang tidak didominasi oleh satu mesin pertumbuhan, seperti konsumsi.

Hal tersebut disampaikan Menteri Keuangan (Menkeu) menjawab pertanyaan wartawan usai mengikuti Sidang Kabinet Paripurna (SKP) di Istana Negara, Jakarta, Senin (12/2) petang.

Lebih lanjut, Menkeu menyampaikan bahwa untuk investasi ini yang dilakukan ada beberapa hal, pertama, simplifikasi regulasi dan policy.

“Itu yang dilakukan dengan mengurangi berbagai peraturan yang menghalangi dan kemudian menciptakan proses yang lebih singkat dan mudah. Itu single submission akan dilakukan, koordinasi dengan pemerintah daerah menjadi sangat penting,” tambah Menkeu.

Yang kedua, menurut Menkeu, dengan menggunakan insentif seperti APBN secara lebih aktif. Ia menambahkan bahwa dalam hal ini seperti Kementerian Perindustrian, akan melihat dari komposisi industri-industri yang memiliki potensi.

“Kita sudah melakukan review terhadap tax allowance dan tax holiday. Dari sisi pelaksanaan tax allowance dan tax holiday ini, apa faktor-faktor yang menjadi penghambat. Katakanlah, mereka mengatakan bahwa ada kriteria yang dianggap terlalu berat, seperti jumlah tenaga kerja yang harus diserap kemudian juga dengan nilai investasi minimal,” ungkap Sri Mulyani.

Review yang dilakukan, menurut Menkeu, secara pragmatis dilihat kepada industri yang memang sudah mau berkembang, seumpama pengusaha tersebut pemain lama. Ia menambahkan termasuk di dalam persyaratan misalnya perusahaan itu harus memiliki badan baru, jadi PT-nya harus baru, dalam hal ini.

“Nah kita akan lihat kalau perusahaan ini adalah perusahaannya memang sudah akan melakukan ekspansi dan ekspansinya itu memang memiliki suatu nilai yang signifikan, maka dia bisa dipertimbangkan untuk mendapatkan,” tambah Menkeu.

Dari sisi skema allowance-nya, lanjut Menkeu, juga dimaksimalkan dari sisi peraturan perundang-undangan yang ada dengan memberikan satu kompensasi sehingga insentif buat pengusaha untuk invest menjadi muncul, risiko menjadi lebih kecil, tapi return lebih tinggi, dan insentifnya menjadi lebih besar lagi.

“Itu yang kita lakukan sekarang dan moga-moga nanti bisa selesai bulan depan,” pungkas Menkeu akhiri jawaban kepada pers.

Panda/Journalist/BD
Editor : Agustinus
Image : Setkab

6 comments

  1. Great paintings! This is the kind of information that are supposed to be shared across the net. Disgrace on Google for no longer positioning this post higher! Come on over and talk over with my web site . Thanks =)

  2. Of course, what a great blog and instructive posts, I will bookmark your site.All the Best!

  3. Hello. remarkable job. I did not expect this. This is a excellent story. Thanks!

  4. I have not checked in here for a while because I thought it was getting boring, but the last several posts are good quality so I guess I¡¦ll add you back to my daily bloglist. You deserve it my friend 🙂

  5. I haven¡¦t checked in here for a while because I thought it was getting boring, but the last several posts are good quality so I guess I will add you back to my everyday bloglist. You deserve it my friend 🙂

  6. Hi there, I found your blog by way of Google at the same time as searching for a comparable subject, your site came up, it appears to be like great. I’ve bookmarked it in my google bookmarks.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*