Ilustrasi: Kopi Indonesia dipromosikan Menpar dalam Pameran pariwisata di Internationale Tourismus Borse (ITB) Berlin, Jerman, Maret 2018. (Photo: Kemenpar)Internationale Tourismus Borse (ITB) Berlin, Jerman, Maret 2018. (Photo: Kemenpar)

Menpar Promosikan Kopi Indonesia di Event ITB Berlin

(Beritadaerah – Nasional) Kenikmatan kopi Indonesia turut dipromosikan dalam Pameran pariwisata terbesar di dunia, Internationale Tourismus Borse (ITB) Berlin, Jerman, mulai 7-11 Maret 2018.

Guna mengoptimalkan promosi ini, Menteri Pariwisata Arief Yahya turun langsung dengan hadir di Paviliun Wonderful Indonesia. “Saya berada di salah satu sudut kopi Wonderful Indonesia di arena ITB Berlin, kopi kita paling banyak diburu pengunjung di ITB Berlin,” tulis Menpar dalam keterangan resminya di Jakarta, Jum’at (9/3).

Dalam kesempatan itu Menteri Arief juga tidak lupa ngevlog lewat akun Instagram pribadinya di coffee corner. Dalam video itu dia mengatakan, karena Indonesia itu tidak memiliki minuman nasional, maka Kemenpar sepakat memilih kopi untuk dipopulerkan.

Menurutnya, setiap tahun, Indonesia selalu diminta menghadirkan stand kopi dalam acara pameran. “Temanya adalah kopi dari setiap daerah, yang hari ini adalah kopi Bali, Kintamani. Populer sekali di sini, stand yang lebih ramai adalah stand kopi Bali banyak diserbu pelanggan terutama orang-orang Eropa,” ungkapnya.

Namun, tak hanya kopi Kintamani yang disukai orang Eropa. Kopi Toraja juga disukai. Menurut Menpar Arief Yahya, banyak yang mengatakan, kualitas kopi Toraja berbeda dengan kopi di tempat lain.

“Rasa kopi Toraja identik dengan kecokelatan, tembakau, atau caramel. Kopi berwarna hitam dan tidak begitu pekat. Kopi ini memiliki tekstur halus. Saat menyeduh kopi hitam ini dengan air panas, tercium bau khas kopi Toraja yang harum dan tidak berbau keras,” tuturnya.

Dalam ITB Berlin tahun ini, Indonesia mengusung tema ‘Maritim, Keanekaragaman Bali dan Budaya.

Wonderful Indonesia hadir membawa industri pariwisata. Termasuk 130 agen perjalanan, hotel, resort, dan enam kantor pariwisata pemerintah daerah, serta maskapai nasional, Garuda Indonesia. Mereka mempromosikan berbagai objek wisata. Termasuk rute penerbangan.

Maritim masih menjadi pilihan bagi Indonesia. Karena, Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia. Indonesia memiliki lebih dari 17.000 pulau sepanjang garis khatulistiwa.

Untuk menarik minat pengunjung, paviliun Indonesia menampilkan berbagai atraksi budaya dan kesenian. Paviliun Wonderful Indonesia menampilkan esensi “Wonderful Indonesia” dengan hiasan khas Phinisi, kapal kayu tradisional dari Sulawesi.

“Maritim menjadi pusat identitas nasional selama berabad-abad bersama dengan keragaman budaya, dan kapal Phinisi juga telah membawa Wonderful Indonesia menjadi juara di ITB Berlin tahun lalu,” pungkas Menpar.

Nanie/Journalist/BD
Editor : Nanie
Source: Kemenpar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*