Convention Center Palembang (Photo: Kominfo)

Palembang: Karyawan Hotel Berbintang Harus Lulus Uji Kompetensi

(Beritadaerah – Sumbar) Industri kepariwisataan Sumatera Selatan terus berbenah, bukan hanya menjelang Asean Games – Agustus 2018, tetapi jangka panjangnya menghadapi pasar bebas dan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

Upaya yang dilakukan antara lain dengan meningkatkan kompetensi bagi para pelaku pariwisata, yakni dengan uji kompetensi bagi karyawan hotel dan pemandu wisata dan biro perjalanan wisata. Apalagi, pada saat Palembang menjadi tuan rumah Asian Games 2018, akan menghadapi tamu dari berbagai Negara.

Sekretaris BPD Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumsel, Solahudin  mengatakan bahwa sertifikasi karyawan akan menjadi salah satu syarat hotel berbintang.

“Minimal, 50 persen karyawan harus sudah disertifikasi, baru bisa sebuah hotel menyandang status hotel berbintang,” ujar Solahuddin.

Pria yang juga seorang assessor uji kompetensi, ini mengatakan, Sumsel mematok target 60 persen pegawai hotel tersertifikasi. Tujuan akhirnya, 100 persen tersertifikasi.

Direktur LSP Pariwisata Rafflesia, Pungky Nanda Raras, dalam Peraturan Menteri Pariwisata No 19 Tahun 2016, diatur kewajiban sertifikasi para pelaku di bidang pariwisata.

“Seluruh profesi yang berkaitan dengan bidang pariwisata diharuskan ikut uji kompetensi yang dilaksanakan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP).

 

Nanie/Journalist/BD
Editor : Nanie
Source: Kominfo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*