Sungai Kapuas Hulu di senja hari (Photo: Emy/BD)

Kapuas Hulu Makin Banyak Dikunjungi Wisatawan

(Beritadaerah – Kalbar) Kawasan di perbatasan Kalbar dengan Sarawak ini sejak lima tahun terakhir mengalami peningkatan kunjungan wisatawan . Hal ini terlihat pada data Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (DKP) Kabupaten Kapuas Hulu.

Tahun 2015 total wisatawan yang masuk adalah 4.623 orang, terdiri dari wisatawan mancanegara (Wisman) berjumlah 470 orang dan wisatawan nusantara (Wisnus) sebanyak 4.153 orang. Tahun 2016 total wisatawan yang masuk adalah 11.101 orang, terdiri dari Wisman berjumlah 6.665 orang dan Wisnus sebanyak 4.436 orang.

Sedangkan memasuki  Tahun 2017 total wisatawan yang masuk adalah 12.886 orang, terdiri dari Wisman berjumlah 9.070 orang dan Wisnus sebanyak 3.816 orang.

Kepala DKP Kapuas Hulu, Antonius menjelaskan, peningkatan wisatawan tersebut adalah hasil kerja bersama Pemerintah daerah, organisasi terkait hingga masyarakat.

Menurut Kepala DKP Kapuas Hulu, yang terpenting adalah kemauan masyarakat dalam mengelola potensi pariwisata di daerahnya. Selanjutnya masyarakat juga harus ramah dan mau menerima kunjungan para wisatawan, baik itu Wisnus maupun Wisman.

“Kalau masyarakatnya tidak aktif tentu susah. Sebab itu kami dari Dinas berusaha juga untuk membuka pemahaman masyarakat dan membentuk Kelompok Pengelola Pariwisata (KPP), sehingga mereka yang menjadi ujung tombak pemasaran paket-paket wisata serta  pendapatan pun pasti akan lari ke masyarakat,” papar Kepala DKP Kapuas Hulu.

Hal lain yang berpengaruh dengan peningkatan wisatawan, adalah manajemen dari paket wisata itu sendiri. Apabila sekedar mengunjungi objek wisata saja itu tidak cukup, perlu dipadukan dengan sisi kebudayaan masyarakat.

“Mari kita sama-sama memajukan pariwisata yang ada di Kapuas Hulu, ini tidak bisa hanya Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata sendiri yang bekerja, butuh masyarakat dan butuh campur tangan instansi lainnya,” tutup Kepala DKP Kapuas Hulu.

Nanie/Journalist/BD
Editor : Nanie
Source: Kominfo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*