Singkawang Bentuk Satpol. PP Pariwisata (Sumber: Kominfo)

Singkawang Siapkan Satpol. PP Pariwisata

(Beritadaerah – Kalbar) Ada yang unik di Singkawang: Satuan Polisi Pamong Praja Kota Singkawang telah membentuk Satpol PP Pariwisata yang berjumlah 15 Anggota, Selasa (27/3), untuk mendukung pariwisata yang ada di Kota Singkawang.

“Dimana salah satu untuk mewujudkan kota wisata itu, masyarakatnya harus ramah, tak terkecuali juga anggota Satpol PP Singkawang,” kata Juandi, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kota Singkawang.

Melalui program ini disiapkan Satpol PP yang ramah baik dalam penampilan pakaian, baikdalam perilaku, juga dalam etika menghadapi tamu-tamu yang berkunjung ke Kota Singkawang.

“Jadi anggota yang tergabung dalam Satpol PP Pariwisata ini nanti sifatnya bisa melayani, mengarahkan, menjaga, mengawal dan menjaga keamanan dan ketertiban para tamu yang berkunjung ke Singkawang,” ujarnya.

Menurutnya, seragam pariwisata yang dikenakan anggota nantinya tidak setiap hari. Namun, hanya digunakan pada saat-saat event tertentu. “Sehingga pada event-event tertentu nanti, apabila ada tamu dari pemerintahan, pengusaha, barulah anggota Satpol PP Pariwisata ini diturunkan untuk melayani, mengarahkan, menjaga, mengawal dan menjaga keamanan dan ketertiban para tamu,” jelasnya.

Anggota yang tergabung dalam Satpol PP Pariwisata ini terdiri dari 7 wanita dan 8 laki-laki. Dimana desain pakaiannya dikolaborasikan dengan dinas pariwisata. Jadi bukan hanya dari pakaiannya saja yang di tonjolkan, tapi juga pengetahuan dan wawasannya terutama mengenai potensi wisata mereka harus kuasai. Program seperti ini sudah berjalan di daerah-daerah lain seperti Ambon, Sulawesi dan Kalimantan Selatan.

Secara terpisah, Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Singkawang, Bosni mengatakan, disamping menegakkan Perda, Satpol PP juga harus terlibat, bersinergi dan mendukung pariwasata yang ada di Kota Singkawang.

Nanie/Journalist/BD
Editor : Nanie
Source: Kominfo

2 comments

  1. I hope you all are having a great weekend. I added a new list. This one is smaller, but still useful. I think the next one will be bigger.

  2. Its like you read my mind! You appear to know so much about this, like you wrote the book in it or something. I think that you can do with some pics to drive the message home a little bit, but instead of that, this is wonderful blog. A fantastic read. I will definitely be back.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*