Ilustrasi hasil tenun Sumatera (Photo: BD)

Pelaksanaan Dana Desa Tingkatkan Inovasi di Agam

(Beritadaerah – Sumbar) Dalam rangka pemanfaatan dana desa di nagari, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Provinsi Sumatera Barat mendampingi Komisi I DPRD Provinsi Sumatera Barat melakukan kunjungan ke Nagari Sungai Pua, Kecamatan Sungai Pua, Kabupaten Agam, Rabu (28/3).

Di Nagari Sungai Pua, Komisi I menyampaikan maksud dan tujuan kedatangan mereka bersilaturahmi sekaligus menjemput aspirasi untuk diserap dan diproses menjadi program pembangunan, sebagaimana disampaikan oleh Ketua Komisi I Afrizal. SH. MH.

Para anggota Komisi membahas bagaimana pelaksanaan Inovasi Desa dan bagaimana melaksanakan transparansi penggunaan dana desa serta pemberdayaan masyarakat di nagari, khususnya yang dibiayai dengan dana nagari. Sementara itu ada yang menanyakan kendala apa yang dihadapi tenaga ahli di lapangan serta meminta kepada tenaga ahli dan pendamping desa untuk membuat data kemiskinan yang riil, sehingga data yang valid dapat digunakan untuk perencanaan berikutnya.

Pelaksanaan pembangunan nagari yang dibiayai dengan dana desa selalu dimusyawarahkan di BAMUS, pembangunan tersebut meliputi pembangunan fisik dan ada pula pemberdayaan masyarakat, diantaranya pembangunan sarana irigasi sekunder, sarana jalan, pembangunan PAUD, MDA, dan perpustakaan.

Peran tenaga ahli dan pendamping desa sangat diharapkan untuk membimbing dan mengarahkan pembangunan fisik, apalagi dalam pembukaan lahan baru yang ada di nagari. Dalam melaksanakan pekerjaan dengan sistem Padat Karya, dimana semua bahan dan pekerjanya berasal dari nagari sendiri dengan upah tidak boleh lebih dari 30%. Sedangkan pemberdayaan masyarakat diarahkan kepada pelatihan kepada kaum ibu dan remaja, khususnya kursus bordir dan konveksi.

Untuk pembangunan selanjutnya, Ketua BAMUS dan Sekretaris Nagari berharap agar pembangunan jembatan di Jorong V Suku dan pembukaan lahan baru di Jorong Panta diusulkan melalui APBD Provinsi tahun 2019 nanti.

Rombongan Komisi I terdiri dari Afrizal. SH. MH,  Ir. M. Nurnas, Dra. Armiati. MM, Gazali dan Widiyatmo serta staf DPMD sumbar Firman. STTP dan Drs. Akral. MM. Rombongan disambut oleh Sekretaris Nagari, anggota BAMUS, TA, PD dan beberapa tokoh masyarakat lainnya.

 

Nanie/Journalist/BD
Editor : Nanie
Source: Kominfo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*