Jalan, Mobilitas, Berkelanjutan Menjadi Tema Konferensi Regional Teknik Jalan Tahun 2018

(Berita Daerah – Jakarta) Himpunan Pengembangan Jalan Indonesia (HPJI) dan DPD HPJI Provinsi DKI Jakarta akan menyelenggarakan Konfrensi Regional Teknik Jalan ke -14 (KRTJ-14) tanggal 16 – 19 April 2018 di Hotel Mercure, Ancol Jakarta dengan tema “Jalan, Mobilitas, Berkelanjutan.” Tema tersebut sangat relevan dengan masifnya pembangunan insfrastruktur oleh pemerintah saat ini.

Konferensi bertujuan menjadi wadah para ahli dan praktisi pembangunan jalan untuk salin tukar pengalaman dan pengetahuan serta pembaharuan informasi teknologi terkini dalam pembangunan jalan dan pengembangan jaringan jalan dalam rangaka mendorong pertumbuhan ekonomi dan pemerataan pembangunan di Indonesia.

Ketua panitia Penyelenggaraan Konfrensi Regional Teknik ke-14 Taufik Widjoyono mengatakan, konfrensi diperkirakan akan dihadiri oleh lebih dari 1.000 orang peserta yang terdiri dari dari para anggota Asosiasi Profesi HPJI dari kalangan Pemerintah, Praktisi dan Akademisi.

“Sebelum Konfrensi ini, akan diadakan juga Pra Konfrensi berupa Seminar Nasional HPJI yang bekerjasama dengan Universitas Indonesia (UI) yang juga mengundang Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono pada tanggal 13 April 2018 di Kampus UI Depok,” ,” kata Taufik di Jakarta (10/4/2018).

Seminar dengan tema : “ Strategi Investasi Mewujudkan Infrastruktur Jalan Yang Berkelanjutan” dengan pembicara dari Kementerian PUPR, Bappenas, Dirjen Bina marga dan dari kalangan Universitas Indonesia, PT. Sarana Multi Infrastruktur, PT. Penjamin Infrastruktur Indonesia (PII), Bank Mandiri, serta wakil dari Industri Jasa Konstruksi yaitu PT. Toll Road Development.

Peserta Seminar Nasional berjumlah kurang lebih sebanyak 200 peserta disamping dari anggota HPJI, Penyedia Jasa Konsultasi & Konstruksi, baik BUMN maupun Swasta juga dari Kementerian PUPR, Dosen dari UI. Sorenya setelah acara Seminar akan dilakukan HPJI Gathering bersama Menteri PUPR yang diikuti para peserta seminar juga melibatkan PNS baru yang diangkat tahun 2017 dan ditempatkan Di Direktorat Jenderal Bina Marga untuk memberikan wawasan.

Sementara itu Ketua Umum Himpunan Pengembangan Jalan Indonesia Hediyanto W. Husaini mengatakan, organisasi HPJI telah berkembang dengan terbentuknya 33 Dewan Pengurus Daerah (DPD) yang semuanya sudah mandiri dan dapat memberikan kontribusi bagi Pemerintah Daerah. Saat ini anggota HPJI beranggotakan lebih dari 22.000 orang professional yang berkecimpung dalam pembangunan jalan dan industry terkait.

Ditambahkannya, HPJI juga berkiprah di tingkat Internasional seperti dalam The Road Engineering Association Asian and Australia (REAAA) yang berpusat di Kuala Lumpur International Road Federation (IRF) yang berpusat di Washington DC; Permanent International Association and Road Congress/Word Road Association (PIAC/WRA) yang berpusat di Paris dan International Tunneling Association (ITA) yang berpusat di Netherland.

HPJI merupakan organisasi asosiasi para pengembang jalan dari instansi terkait, praktisi dan akademisi yang dibentuk tanggal 5 September 1975. HPJI didirikan sebagai wadah bagi pengembangan profei dan keahlian di bidang jalan di Indonesia.

Panda/Journalist/BD
Editor : Agustinus
Image : PUPR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*