Pelestarian Situ Menjadi Tanggung Jawab Bersama

(Berita Daerah – Jakarta) Pelestarian Situ menjadi tanggung jawab bersama mendukung ketersediaan sumber daya air sebagai sumber kehidupan. Kementerian PUPR melalui Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) PUPR bersama Dharma Wanita Persatuan (DWP) PUPR melakukan aksi penanaman pohon di Situ Rawa Pulo, Kota Bekasi – Jawa Barat, Selasa (17/4/18). Acara ini diselenggarakan dalam rangka peringatan Hari Air Dunia (HAD) XXVI pada 22 Maret 2018 lalu dengan mengusung tema “Nature for Water” yang kemudian diadaptasi menjadi “Lestarikan Alam Untuk Air” di Indonesia.

Penasehat DWP Kementerian PUPR Kartika Basuki Hadimuljono dalam sambutannya mengatakan Indonesia masih menghadapi krisis air bersih diberbagai daerah, sehingga permasalahan air bersih memerlukan pemecahan masalah yang harus dilakukan penanganannya segera. “DWP Kementerian PUPR menggalakkan pemecahan masalah melalui gerakan penanaman pohon yang terus dilakukan di berbagai tempat, salah satunya di Situ Rawa Pulo ini .” ucap Kartika.

Kartika menambahkan terkait pelaksanaan kegiatan penanaman pohon ini bertujuan dalam membangun kesadaran dan menarik minat masyarakat agar dapat berperan serta secara aktif khususnya dalam menanam dan merawat pohon.

“Kegiatan seperti ini sangat bermanfaat dalam meningkatkan perluasan dan kualitas ruang terbuka hijau yang memadai. 1 pohon yang telah kita tanam, akan mengeluarkan banyak oksigen yang akan kita hirup,” katanya.

Selain itu Direktur Jenderal SDA Imam Santoso yang dibacakan sambutannya oleh Sesditjen SDA Muhammad Arsyadi juga mengatakan pelakasanaan penanaman pohon oleh DWP Kementerian PUPR menjadi panutan dan memberikan pemahaman terhadap kesadaran masyarakat. Masyarakat tidak hanya memiliki hak sebagai pengguna air, juga memiliki tanggung jawab dan kewajiban untuk berkontribusi dalam memelihara alam yang merupakan sumber air.

Kepala BBWSCC Jarot Widyoko juga menambahkan dirinya memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada DWP Kementerian PUPR dengan terlaksanakanya kegiatan ini. “Dengan adanya kegiatan penanaman pohon ini, janganlah meninggalkan pesan air mata tapi tinggalkanlah pesan sumber mata air sebagai bekal anak cucu kita nanti,” tandasnya.

Pelaksanaan aksi penanaman pohon di Situ Rawa Pulo, Kota Bekasi, Jawa Barat dilakukan penanaman pohon sebanyak 120 pohon, yaitu berjenis 30 buah pohon mangga, 30 buah pohon jambu, 30 buah pohon kelengkeng, dan 30 buah pohon manggis. Acara ini diikuti oleh 250 peserta dari berbagai undangan. Diakhir acara berlangsungnya penanaman pohon, dilakukan penyerahan plakat dari DWP Kementerian PUPR kepada BBWS Ciliwung Cisadane, dan kegiatan bakti sosial.

Sebelumnya, Kementerian PUPR juga telah melakukan penghijauan melalui penanaman pohon di Situ Pondok Jagung, Kota Tangerang yaitu tanaman hias dan tanaman buah. Adapun tanaman hias yang ditanam berupa 118 batang Pucuk Merah, 36 batang Glodokan, 36 batang Dadap Merah, dan 39 batang Nusa Indah. Dan tanaman buah yang ditanam berupa 12 batang Jambu Air Jamaika, 10 batang Jambu Biji, 12 batang Mangga, 10 batang alpukat, 10 batang Srikaya, dan 19 batang Salam.

Panda/Journalist/BD
Editor : Agustinus
Image : PUPR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*