Penanaman Pohon di Geopark Toba, Upaya Melestarikan Budaya dan Warisan Dunia UNESCO

(Berita Daerah – Jakarta) Di hari kedua dalam kunjungan Ibu Negara dan pengurus OASE di Sumatera Utara, rombongan mendatangi Geopark Kaldera Toba dalam rangka penanaman pohon.

Penanaman pohon tersebut berada pada ketinggian 1200-1500 di atas permukaan Danau Toba atau sekitar 2000 meter di atas permukaan laut.

Berdasarkan pantauan dari Vibizmedia.com, pemandangan alam, perbukitan yang sangat ciamik menuju lokasi Geopark Kaldera Toba di Sigulati, Kabupaten Samosir.

Kunjungan ini disambut meriah oleh warga Samosir yang berdiri sepanjang perjalanan, mulai dari pelajar SD, SMP dan SMA yang sambil mengibarkan bendera merah putih. Ditambah lagi warga masyarakat orang tua dan perangkat daerah juga ikut menyambutnya dengan kegirangan dan senyuman yang tulus.

Penanaman pohon ini, dilakukan untuk membantu meloloskan Geopark Kaldera Toba menjadi salah satu tempat budaya dan benda situs warisan dunia UNESCO dan juga meresmikan Taman OASE Kabinet Kerja oleh Ibu Negara.

Ada sekitar 300 pohon yang ditanam secara bersamaan terdiri dari pohon Hariara, sirsak dan alpukat.

Dalam penanaman pohon tersebut, Ibu Iriana Jokowi menanam pohon Hariara.

Hariara adalah sejenis pohon beringin yang dapat tumbuh tinggi besar, dengan masa hidup yang lama atau bisa mencapai ratusan tahun.

Perlu diketahui ditanah Batak, zaman dahulu, Hariara sering ditanam sebagai tanda pembatas antara satu kampung (huta) dengan huta lainnya.

Panda/Journalist/BD
Editor : Agustinus
Image : Rully-Vibizmedia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*