Pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sumbar Meningkatkan Kesejahteraan

(Beritadaerah – Sumbar) Terkait pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), Pemerintah Provinsi Sumbar tetap akan menerima masukan dari masyarakat di daerah itu agar benar-benar memberikan manfaat dan peningkatan kesejahteraan.

“Pembangunan KEK akan diikuti pertumbuhan ekonomi daerah, sektor perekonomian lainnya juga ikut bergairah. Manfaatnya bisa dirasakan langsung oleh masyarakat. Itu yang kita mau,” kata Wakil Gubernur Sumbar, Drs. H. Nasrul Abit di Padang, Selasa (15/4).

Secara konkret, sektor perekonomian yang berkembang ini akan meningkatkan pendapatan masyarakat, dan terbukanya lapangan kerja. Sementara untuk daerah ada peningkatan pajak terutama PPh, pajak langsung, dan pajak tak langsung.

Investor yang ingin mengembangkan KEK di Mentawai juga menyatakan keseriusannya menanamkan modal hingga lebih dari 10 triliun.Itu akan sangat besar manfaatnya untuk mendorong pembangunan infrastruktur pendukung di daerah seperti jalan, pelabuhan dan bandara.

“Kita harus memahami bahwa peran investor sangat dibutuhkan dalam pembangunan daerah. Namun bersamaan dengan itu pemerintah juga akan memastikan investasi itu memberikan manfaat pada masyarakat setempat,” jelasnya.

Rekomendasi ke pemerintah pusat terkait pengembangan KEK itu akan diberikan setelah semua persoalan di daerah selesai, terutama persoalan lahan dan amdal.

Sebelumnya Bupati Mentawai Yudas Sabaggalet menyebutkan pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di daerah Taileleu, Kecamatan Siberut Barat, Kepulauan Mentawai sudah melalui kajian. Data pemerintah setempat dari 2. 639 hektare lahan yang akan dikembangkan, 2. 533 hektare sudah dibebaskan, sedangkan sisanya 86 hektare masih dalam proses negosiasi.

Pembebasan lahan itu mengikutsertakan anggota suku, camat dan pejabat setempat agar bisa diterima semua pihak. Ia berharap semua pihak mendukung KEK Mentawai karena manfaatnya lebih banyak dari pada sisi negatifnya.

 

Nanie/Journalist/BD
Editor : Nanie
Source: Kominfo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*