Wamenkeu: Peran DPRD Sangat Sentral untuk Pembangunan Indonesia

(Berita Daerah – Jakarta) Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Mardiasmo menyampaikan bahwa peran Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) sangat sentral dalam membangun Indonesia sentris. Sebagai lembaga legislatif, DPRD merupakan bagian dari tanggung jawab pemerintahan daerah dalam pengurangan kemiskinan, pemerataan ekonomi dan pembangunan.

“Bagaimana kita membangun Indonesia sentris tapi peran DPRD sangat sentral yang selama ini belum begitu optimal?,” tanya Wamenkeu dalam paparannya sebagai narasumber Workshop Nasional DPRD Partai Persatuan Pembangunan se-Indonesia di Hotel Mercure, Ancol, Jakarta.

Lebih lanjut, Wamenkeu menegaskan bahwa peran anggota DPRD sangat penting dalam merangkul semua kalangan di daerah serta berkolaborasi dengan rakyat.

“Jumlah uang yang beredar di daerah lebih besar dibandingkan APBN, maka peran swasta, dinas perdagangan, peran pengusaha muda harus dirangkul semuanya. Oleh karena itu, dalam perkembangannya, sebagai anggota DPRD wakil rakyat (harus dapat) berkolaborasi dengan rakyatnya,” tambah Wamenkeu.

Terkait dengan anggaran pemerintahan di daerah, DPRD juga berperan penting dalam alokasi, distribusi dan stabilisasi. Untuk alokasi anggaran, selain eksekutif yang berperan, DPRD juga bertanggungjawab ketika penjaringan aspirasi masyarakat, dengan mengeluarkan prioritas anggaran.

Wamenkeu berharap agar anggota DPRD dapat meningkatkan ketajaman berpikir untuk meningkatkan kesejahteraan, Indeks Pembangunan Manusia (IPM), pemerataan ekonomi dan pembangunan.

“Ketajaman Bapak sebagai anggota Dewan bisa memberikan suatu tambahan (nilai bagi daerah), mewakili daerah, kira-kira mana yang perlu diperbaiki,” pungkasnya.

Panda/Journalist/BD
Editor : Agustinus
Image : Kemekeu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*