Bandara Abdurahman Saleh Naik Status Internasional (Photo: Kominfo)

Bandara Abdurahman Saleh Perlu Naik Status Bandara Internasional

(Beritadaerah  – Jawa Timur) Dalam rangka meningkatkan kunjungan pariwisata di Jawa Timur khususnya di walayah Malang dan sekitarnya, berbagai pihak terus mendorong dan mendukung Kementerian Perhubungan untuk menaikkan status Bandara Abdurahman Saleh menjadi Bandara Internasional.

General Manager Bandara Juanda, Heri Prasetyo mengatakan, sangat mendukung jika status Bandara Abdurahman Saleh Malang statusnya menjadi Bandara Internasional, untuk memperlancar arus wisatawan mancanegara yang ke  Malang .

“Arus penumpang Bandara Juanda Surabaya sudah melibihi kapasitas dan transportasi darat menuju malang semakin padat dan membutuhkan waktu yang cukup lama, yaitu sekitar enam jam. Kalau ada Bandara Abdurahman Saleh, paling tidak 40 menit sudah nyampai,” ujarnya, Rabu (16/5).

Sebelumnya Gubernur Jawa Timur Dr H Soekarwo, mendesak Kementerian Perhubungan RI untuk meningkatkan status Bandara Abdurahman Saleh Malang dan Bandara Banyuwangi menjadi bandara internasional. Menurut dia, perjalanan Surabaya-Malang yang kini bisa lebih dari tiga jam menjadi kurang produktif untuk perspektif pengembangan wisata dan menggaet strategi pasar tourisme, maupun untuk kegiatan bisnis.

“Oleh karenanya saya sudah mengusulkan ke Presiden, dan sudah dapat lampu hijau, pun juga ke KSAU juga OK, termasuk kajian dari dirjen perhubungan udara Kemenhub juga positif karena runway Bandara Abdurahman Saleh sudah lebih 2.500 meter dan sudah memiliki sistem untuk pengendalian penerbangan malam hari. Tinggal (ditangan) Menteri Perhubungan (untuk menyetujui), ” ujarnya.

Hal ini disampaikan saat membuka acara “Collaborative Destination Development” yang digelar PT. Angkasa Pura di hall hotel JW. Mariot Surabaya, Senin (14/5). Gubernur menegaskan, tidak bisa untuk menggaet target kunjungan 1 juta wisata luar negeri di Jatim pada tahun 2025 hanya ditumpukan pada bandara Juanda.

 

Nanie/Journalist/BD
Editor : Nanie
Source: Kominfo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*